Pemerintah Mesir Siapkan Ganti Rugi ke Warga

Demonstran di Kairo, Mesir membakar pusat perbelanjaan Arcadia
Sumber :
  • AP Photo/Lefteris Pitarakis

VIVAnews - Menteri Keuangan baru Mesir, Samir Radwan, mengatakan akan memberi kompensasi kepada para penganggur dan pebisnis yang merugi selama gelombang demonstrasi di Kairo.

Seperti dilansir stasiun berita CNN, Selasa 1 Februari 2011, Radwan mengatakan kebijakan ini merupakan langkah awal yang cepat untuk menormalkan kembali perekonomian Mesir, yang terpuruk akibat demonstrasi.

“Pengangguran akan meningkat selama kerusuhan dan kehidupan perekonomian juga terhenti selama lebih dari satu minggu,” ujar Radwan melalui pernyataan di siaran televisi.

“Kami telah memutuskan, mereka yang bekerja dan kehilangan pekerjaannya karena demonstrasi ini akan menerima kompensasi dari pemerintah. Ini adalah solusi cepat yang menjadi tugas Kementerian Keuangan untuk melayani rakyat Mesir,” ujar Radwan.

Dia menjelaskan bahwa kompensasi ini akan disalurkan langsung melalui mesin-mesin ATM, mereka yang tempat bisnisnya mengalami kerusakan juga akan mendapatkan uang kompensasi. Namun, Radwan tidak menyebutkan berapa kompensasi yang akan diberikan kepada rakyat.

Radwan juga akan mengeluarkan persediaan makanan yang masih dalam proses bea cukai untuk disebarkan di beberapa tempat. Subsidi untuk makanan juga akan diberikan, walaupun harga makanan sedang meningkat.

“Kami akan menunda pembayaran bea cukai sampai waktu yang belum ditentukan,” ujar Radwan.

Dia diangkat sebagai menteri pada Senin, 31 januari 2011, setelah Mubarak menolak untuk mundur dan merombak susunan kabinetnya. Dilansir dari stasiun berita Fox News, Radwan mengatakan perekonomian Mesir terganggu akibat demonstrasi selama satu minggu terakhir.

“Ini adalah krisis, tidak diragukan lagi. Saya tidak akan menyangkal bahwa perekonomian kita menderita karena hal ini,” ujar Radwan.

Ditanya apakah Mubarak akan segera lengser, Radwan mengatakan bahwa Mubarak masih akan terus memerintah. “Sejujurnya, Mubarak tetap tenang dan mempunyai tekad. Satu-satunya kepeduliannya adalah membentuk kabinet dan mendengarkan tuntutan rakyat tanpa menunda-nunda,” ujar Radwan. (hs)

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024