Giliran Pemimpin Libya Digoyang Demonstrasi

Muammar Khadafi Pemimpin Libya
Sumber :
  • about.com

VIVAnews - Ratusan demonstran bentrok dengan polisi di kota Benghazi, Libya bagian timur. Demonstrasi anti pemerintah dipicu oleh penangkapan pengacara para keluarga korban pembantaian di penjara pada 1996.

Menurut stasiun berita Al Jazeera, Rabu 16 Februari 2011, ratusan demonstran berkumpul sejak Rabu pagi di depan markas polisi sambil meneriakkan slogan-slogan anti pemerintahan. Berdasarkan laporan dari Idris Al-Mesmari, seorang penulis novel Libya, yang turut serta dalam demonstrasi, polisi menembakkan gas air mata, meriam air, dan peluru karet ke arah demonstran.

Mesmari juga mengatakan puluhan polisi berpakaian preman turun ke jalan berjibaku dengan para demonstran dengan menggunakan pentungan dan air panas. Tindakan ini dibalas dengan lemparan batu oleh massa demonstran. Beberapa jam kemudian, Mesmari ditahan oleh polisi.

Al Jazeera melaporkan demonstrasi dimulai oleh beberapa orang anggota korban pembantaian di penjara Abu Slim 23 Juni 1996 lalu. Kala itu, 14 tahanan dibunuh oleh sipir penjara setelah sebelumnya protes terhadap keadaan penjara yang tidak manusiawi. Beberapa dikubur di pekarangan penjara dan lainnya dikubur secara massal di ibukota Libya, Tripoli.

Para anggota keluarga merasa marah terhadap penahanan Fathi Terbil, pengacara HAM sekaligus juru bicara keluarga korban, oleh kepolisian Libya tanpa alasan yang jelas. Kabar terbaru, Terbil dilaporkan telah dibebaskan.

Demonstrasi para anggota keluarga korban ini lalu diikuti oleh ratusan orang lainnya yang tidak puas pada pemerintahan pemimpin Libya Moammar Gadhafi. Mereka juga menuntut Perdana Menteri Libya Baghdadi al-Mahmoudi untuk turun.

“Rezim Gadhafi tidak mendengarkan tuntutan rakyat dan terus mengancam rakyat Libya dengan tembakan peluru. Inilah alasan kami menunjukkan solidaritas kami dengan seluruh rakyat Libya dan keluarga para martir sampai yang bersalah dihukum, mulai dari Moammar dan keluarganya,” ujar Mohammed Maree, seorang blogger yang turut serta dalam demonstrasi tersebut.

Pakar Sebut Kehadiran Anies di KPU Tunjukkan Komitmen Prinsip Bernegara dan Berdemokrasi
Logo TikTok.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden resmi menandatangani undang-undang pemblokiran TikTok, jika ByteDance tidak bisa memenuhi syarat yang diwajibkan oleh AS.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024