Gagal, Revolusi Melati di China

Polisi China meringkus seorang demonstran di Kota Shanghai
Sumber :
  • AP Photo/Eugene Hoshiko

VIVAnews - Usaha para aktivis China mencontoh sukses revolusi di Timur Tengah tak berhasil. Ajakan demonstrasi besar di 11 kota, yang dinamakan "Revolusi Melati," sepi peminat. Kebanyakan yang hadir justru para wartawan dan penonton.

Menurut stasiun berita CNN, Senin 21 Februari 2011, para aktivis menyampaikan ajakan demonstrasi pada Minggu, 20 Februari 2011, pukul 14 waktu setempat, melalui situs mikroblogger di China. Aksi itu dinamakan "Revolusi Melati" bertujuan menuntut perbaikan sandang, pangan, dan papan serta keadilan bagi rakyat China.

Pemerintah China menyiagakan aparat keamanannya di sebelas kota tempat demonstrasi akan digelar. Bahkan China telah memblokir kata “Melati” untuk  mencegah revolusi besar seperti didengungkan para aktivis tersebut.

Pada salah satu lokasi unjuk rasa, di pusat bisnis dan pertokoan Wangfujing, CNN melaporkan banyak aparat keamanan, baik berseragam maupun berpakaian preman. Terlihat juga kerumunan wartawan asing, dan beberapa orang dengan kamera digital. Namun, tak terlihat adanya demonstrasi. Kerumunan “penonton” itu kemudian bubar setelah satu jam.

Begitu pula di Lapangan Tiananmen dan Zhingnanhai, pusat pemerintahan China berada. Semua berjalan normal, turis masih banyak yang datang, polisi juga terlihat berjaga seperti biasa. Namun, disini juga tidak terlihat aksi unjuk rasa.

Aksi yang lebih meriah hanya berlangsung di Hong Kong, dimana pengaruh China daratan tidak begitu besar. Sekitar 30 aktivis berdemo di depan kantor perwakilan China daratan. Mereka kalah jumlah dengan aparat keamanan. Merekapun bubar setelah satu jam tanpa hasil.

Rencana unjuk rasa besar itu gagal total. Pemerintah China sehari sebelumnya telah menahan sejumlah orang yang diduga terlibat, termasuk para pengacara HAM di Beijing, dan beberapa kota lainnya.

Ditambah lagi, pemerintah China telah memblokir akses internet dan menyaring beberapa kata dalam mesin pencarian.

Media Asing yang Semula Remehkan Timnas Indonesia Kini Memuji: Kemenangan Paling Dramatis
Modifikasi Suzuki Carry jadi Mikrotrans

Bukan Jakarta, Ini Kota Pertama yang Mulai Jadikan Suzuki Carry Sebagai Mobil Angkot

Suzuki Carry telah mewarnai perjalanan panjang perkembangan angkutan kota di berbagai daerah Indonesia.. Bagaimana sejarah Carry bisa menjadi mobil angkot di Tanah Air?

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024