Orang Dekat Obama Menang Pemilu Walikota

Barack Obama dan Rahm Emanuel
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Mantan Kepala Staf Gedung Putih, Rahm Emanuel, berhasil menang pemilihan walikota Chicago, Selasa 22 Februari 2011 waktu setempat. Ini merupakan pencapaian prestisius bagi orang dekat Presiden Barack Obama itu, mengingat pencalonan dia sempat dijegal di pengadilan.

Menurut kantor berita Associated Press, Emanuel telah unggul 55 persen walau baru 86 persen dari total suara yang telah dihitung. Hasil itu cukup bagi Emanuel untuk menyingkirkan para pesaingnya sekaligus tidak perlu ada pemilu putaran kedua. Seorang kandidat butuh minimal 50 persen dari total suara untuk bisa menang pada putaran pertama.

Politisi berusia 51 tahun itu berhasil mengalahkan para pesaing, di antaranya mantan ketua dewan sekolah Chicago, Gery Chico, mantan Senator Carol Braun, dan pejabat Balai Kota Miguel del Valle.

Demi menjadi walikota Chicago, Emanuel mengundurkan diri sebagai Kepala Staf Kantor Kepresidenan AS, Gedung Putih, pada 1 Oktober 2010. Namun upaya itu tidak mudah.

Emanuel sempat dilarang ikut pencalonan oleh pengadilan distrik di negara bagian Illinois karena tidak memenuhi salah satu syarat, yaitu harus menetap di Chicago minimal selama satu tahun. Padahal, Emanuel lebih sering berada di Washington DC untuk mengatur jadwal tugas dan kepentingan presiden AS.

Kubu Emanuel tidak terima atas putusan itu dan naik banding. Hasilnya tidak sia-sia. Mahkamah Agung Illinois akhirnya mencabut putusan pengadilan distrik dengan alasan bahwa Emanuel terdaftar sebagai warga Chicago, namun harus menjalani tugas negara di Washington DC sehingga tidak bisa terus-menerus berada di kota tempat dia berasal.

Keputusan Mahkamah Agung Illinois itulah yang menghidupkan kembali peluang Emanuel ikut dalam pemilihan. Kini, dia sukses menang mutlak. (umi)

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Kubu 03 Ganjar-Mahfud menyampaikan argumen Pilpres 2024 sudah disiapkan skenario dua putaran. Maka itu, tak ada masalah dengan pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024