Raja Bahrain Pecat Empat Menteri

Demo Bahrain
Sumber :

VIVAnews - Raja Bahrain memecat empat menteri yang dianggap tidak becus menjalankan pemerintahan. Langkah itu dilakukan Raja Hamad bin Isa Al-Khalifa saat puluhan ribu warga Bahrain terus berdemonstrasi menuntut berakhirnya era kekuasaan monarki, Sabtu 26 Februari 2011.

Menurut stasiun berita Press TV, para pejabat yang dipecat adalah menteri urusan kabinet, menteri perumahan, menteri kesehatan, dan menteri kelistrikan. Langkah ini tampaknya merupakan upaya terkini Taja Al-Khalifa untuk meredam demonstrasi anti pemerintah, yang telah berlangsung selama beberapa pekan.

Pemerintah pun Rabu lalu juga membebaskan 23 tahanan politik. Raja juga memberi pengampunan kepada pemimpin oposisi beraliran Syiah, Hassan Mushaimaa, yang Sabtu ini kembali dari pengasingan di Lebanon.

Namun, rakyat masih tidak puas. Dalam demonstrasi hari ini di Ibukota Manama, para pemrotes mendesak agar konstitusi diganti dan kekuasaan raja harus diakhiri.

Sedikitnya tujuh orang pemrotes tewas akibat bentrok dengan pasukan keamanan sejak demonstrasi pro-demokrasi dimulai pada 14 Februari lalu. Bahrain sebenarnya didominasi oleh pengikut Muslim Syiah, yaitu sebanyak hampir 75 persen. Namun, para anggota kerajaan adalah Muslim Sunni yang mendominasi kekuasaan.

Para pemrotes mengeluhkan ketidakadilan penguasa dan kesenjangan sosial antara kaum Sunni dan Syiah. Mereka pun menuntut pemerintah segera menyelenggarakan pemilihan umum dan membebaskan semua tahanan politik.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep
Mohamed Salah, Duel Liverpool vs West Ham United

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Duel West Ham United vs Liverpool dalam lanjutan Premier League matchday ke 35 di London Stadium, Sabtu 27 April 2024, pukul 18.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024