Malam Ini 216 WNI di Libya Diungsikan

WNI Tiba Dari Mesir
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Evakuasi gelombang kedua warga negara Indonesia (WNI) dari Libya akan berlangsung Selasa malam, 1 Maret 2011. Mereka akan diterbangkan dari  Ibukota Tripoli menuju ibukota Tunisia, Tunis.

“Kami baru mendapat laporan, Insya Allah pukul 7 malam waktu Tunis akan ada pesawat kedua yg membawa warga negara kita dari Tripoli ke Tunis,” ujar Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Selasa 1 Maret 2011.

Evakuasi tahap kedua ini akan mengangkut 216 WNI dari Tripoli. Mereka adalah mahasiswa dan para pekerja di sektor formal maupun informal.

Kementerian Luar Negeri memperkirakan saat ini terdapat 875 WNI di Libya. Sebanyak 550 di antaranya bekerja di sektor formal, 130 mahasiswa, dan sisanya adalah WNI yang bekerja di sektor informal.

Bagi warga yang masih berada di Tripoli atau belum terangkut, Natalegawa menghimbau untuk tetap waspada. “Pemerintah mengimbau WNI menunjukkan kewaspadaan, menghindari demonstrasi,” kata Natelegawa.

Namun, beberapa mahasiswa memilih untuk tinggal di Libya. Natalegawa menuturkan bahwa ini adalah pilihan warga, yang didasari atas perkiraannya sendiri mengenai situasi dan kondisi yang tengah terjadi.

“Kepada mereka (yang memutuskan tinggal) kita berikan perlindungan, dukungan.  Sama seperti di Mesir, tidak semuanya memilih kembali ke tanah air tapi kita tidak membedakan antara warga negara yang pilih kembali atau tidak,” kata Natalegawa.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024