Jepang Tunjuk Menlu Baru

Seiji Maehara
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Perdana Menteri Jepang Naoto Kan menunjuk menteri luar negeri baru menyusul mundurnya Seiji Maehara dari posisi tersebut hari Minggu lalu. Sebelumnya, Maehara mundur karena dituduh menerima suap sebesar Rp5,3 juta--sekali lagi: juta, bukan miliar.

Dilansir dari laman CNN, Rabu, 9 Maret 2011, Kan menunjuk Wakil Menlu Takeaki Matsumoto untuk menggantikan Maehara. “Perdana Menteri Kan memutuskan penunjukan ini karena kemampuan dan pengetahuan Matsumoto, dan didasari atas keinginan (Kan) untuk melanjutkan kebijakan diplomasinya,” ujar Sekretaris Kabinet Jepang, Yukio Edano.

Matsumoto, 51, adalah mantan bankir dan cicit perdana menteri pertama Jepang, Yasuhiro Nakasone. Dia adalah anggota partai berkuasa, Partai Demokrat Jepang. Peneliti senior dari lembaga pengkajian Tokyo Foundation, Tsuneo Watanabe, menyebut Matsumoto sebagai “seorang diplomat yang berpengalaman dan matang.”

Matsumoto di parlemen majelis tinggi Jepang (Diet) mengatakan dia akan meneruskan usaha Maehara dalam mendorong ekspor teknologi infrastruktur, sepert fasilitas pembangkit listrik, dan rel kecepatan tinggi. 

“Saya pernah bekerja sama erat dengan Maehara. Saya harap (ekspor infrastruktur) akan menjadi salah satu segi dari diplomasi Jepang yang kami majukan di bawah struktur baru,” ujar Maehara seperti dilansir laman The Wall Street Journal.

Menlu sebelumnya, Seiji Maehara, memilih mengundurkan diri dari jabatannya pada Minggu, 6 Maret 2011, setelah dituduh menerima uang dari orang asing senilai 50 ribu yen, atau sekitar Rp5,3 juta. 

Politisi berusia 48 tahun itu menjadi sorotan tajam, karena uang itu ditengarai merupakan sumbangan politik dari seorang warga Korea Selatan yang tinggal di Jepang. Menurut undang-undang setempat, politisi tidak boleh menerima uang sepeser pun dari warga negara asing.  (kd)

Kemnaker Tingkatkan Program Pemagangan, Tenaga Kerja Indonesia ke Jepang Untungkan Kedua Negara
Ramen Jepang.

Jadi Makanan Favorit Anak Muda, Apakah Ramen Baik untuk Kesehatan?

Ramen adalah jenis mie cepat saji populer yang dikonsumsi di seluruh dunia. Orang yang memiliki waktu terbatas atau anggaran terbatas sering kali memilih mie ramen instan

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024