Tentara Khadafi Rebut Kota Minyak Ras Lanouf

Perang saudara di Libya
Sumber :
  • AP Photo/ Hussein Malla

VIVAnews - Tentara Libya mengklaim telah menguasai kota pelabuhan minyak terpenting, Ras Lanouf dari tangan pemberontak. Stasiun televisi pemerintah Libya menayangkan pengumuman bertuliskan: "Ras Lanouf telah dibersihkan dari gerombolan bersenjata antek Al Qaeda."

"Kami tak akan menyerah," kata Saif Khadafi, putra Khadafi yang sekaligus adalah juru bicara utama rezim Khadafi, seperti dimuat situs CNN, Kamis, 10 Maret 2011, waktu setempat.

Dalam pertempuran sengit yang terjadi Kamis kemarin, tentara pro Khadafi menggunakan pesawat-pesawat tempur dan artileri berat untuk merebut kembali kota-kota yang dikuasai kelompok oposisi. Sementara, pihak oposisi dipersenjatai rudal anti pesawat terbang dan artileri buatan Uni Soviet, yang tak sebanding dengan milik militer Khadafi.

Saksi mata mengatakan, angkatan laut Libya mengebom area perumahan di tepi timur laut Ras Lanouf, sementara tentara angkatan darat bergerak menuju kota dengan menembakkan senjata lewat tank dan mortir di sekitar masjid dan rumah sakit.

Penduduk sipil melarikan diri dari kota. Kekuatan oposisi yang terdesak menarik diri ke pinggiran kota, sembari terus menyerang pasukan Khadafi. Beberapa pejuang oposisi yang terluka dibawa ke luar Ras Lanouf menggunakan mobil bak terbuka.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Juga dilaporkan, jendela mobil yang membawa wartawan Al Jazeera Inggris hancur oleh tembakan tentara Khadafi. Meski syok akibat peristiwa itu, para jurnalis dilaporkan selamat.

Seorang dokter yang bekerja di Ras Lanouf mengatakan, setidaknya tiga orang tewas dan 30 lainnya terluka dalam pertempuran di kawasan sekitar rumah sakit. Sementara, seorang dokter di Kota al Brega melaporkan dua orang tewas dan 20 terluka.

Sebelumnya, seperti dimuat AP, penyerangan terhadap Ras Lanouf dan serangan ke kilang dan instalasi minyak diduga merupakan cara Khadafi untuk memperingatkan pentingnya minyak Libya bagi negara-negara Eropa.

Ras Lanouf yang berjarak sekitar 140 kilometer dari benteng pertahanan sekaligus kampung halaman Khadafi, Sirte, jatuh ke tangan pemberontak 4 Maret 2011 lalu. (kd)

Vaksinasi PMK bagi hewan ternak di Kota Tangerang

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Wabah PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku masih menjadi momok menakutkan bagi para peternak. Adanya hal ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus memasifkan pem

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024