Gempa Jepang, Terdahsyat Dalam 140 Tahun

Warga Jepang berlindung di bawah meja saat diguncang gempa bumi
Sumber :
  • AP Photo/Itsuo Inouye

VIVAnews - Gempa bumi berkekuatan 8,8 Skala Richter mengguncang Jepang sekitar pukul 14.46 waktu setempat. Berdasar data Badan Meteorologi Jepang, gempa yang memicu tsunami ini merupakan yang terdahsyat dalam kurun waktu 140 tahun terakhir.

Gempa ini bahkan melampaui gempa besar di Kanto, Honshu, pada 1 September 1923. Guncangan gempa berkekuatan 7,9 SR kala itu membunuh sedikitnya 140 ribu warga yang tengah berada di kawasan Tokyo.

Gempa besar terakhir melanda kawasan Kobe pada 1995 yang memicu kerugian ekonomi mencapai US$100 miliar. Ini diklaim sebagai bencana alam paling mahal sepanjang sejarah. Kerugian ekonomi akibat gempa bumi dan tsunami yang berpusat di Samudera Hindia, dan menghancurkan Aceh, pada 2004 diperkirakan hanya US$10 miliar.

Gempa yang berpusat di 130 km sebelah timur Sendai, Honshu, atau 373 km tenggara Tokyo pada kedalaman 24 km itu mengakibatkan tsunami yang menyapu kawasan pesisir Timur Laut Jepang. Gempa juga menghancurkan sejumlah bangunan.

Korban jiwa sementara tercatat 19 orang. Namun, jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah mengingat kondisi sejumlah kota di Jepang yang porak-poranda. Bahkan, sebuah hotel di Sendai dikabarkan runtuh dan mengubur sejumlah orang, seperti diberitakan Reuters.

Jepang merupakan salah satu negara yang sering mengalami gempa bumi. Jepang terletak di wilayah lingkar api Pasifik, sama seperti Indonesia.

Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan
Pengemudi Fortuner arogan pakai pelat palsu TNI.

Pengemudi Fortuner Arogan yang Ngaku Adik Jenderal Buang Pelat TNI Palsu di Bandung

Polisi masih mencari barang bukti berupa pelat dinas TNI palsu yang digunakan seorang pria berinisial PGWA pada mobil Fortunernya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024