Iran Siapkan Bantuan ke Jepang

Tsunami hantam Jepang
Sumber :
  • AP Photo/Keichi Nakane

VIVAnews - Pemerintah Iran menyampaikan belasungkawa atas bencana gempa bumi dan tsunami yang melumpuhkan wilayah pesisir timur laut Jepang, Jumat kemarin. Iran pun menyiagakan tim bantuan, yang siap berangkat ke Jepang untuk membawa pasokan darurat logistik dan obat-obatan.

Menurut stasiun berita Iran, Press TV, ungkapan belasungkawa disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Ali Akbar Salehi kepada Menlu Jepang, Takeaki Matsumoto.

Waketum Nasdem Temui Prabowo Subianto, Sinyal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Menguat?

Selain ungkapan bela sungkawa, Salehi yakin bahwa etos kerja keras yang mengagumkan dan mentalitas yang kuat dari bangsa Jepang akan mampu memulihkan situasi atas wilayah-wilayah yang diguncang gempa berkekuatan 8,9 pada Skala Richter, yang diikuti oleh serangan tsunami dengan ketinggian 4-10 meter.

Iran, menurut Salehi, siap mengulurkan bantuan apapun kepada Jepang. Sementara itu, ketua Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran, Abolhassan Faqih, menyatakan kesiapan untuk mengirim pasokan bantuan berupa obat, perlengkapan sanitasi, dan bahan makanan.

Menurut pihak berwenang Jepang, jumlah korban tewas maupun hilang dalam 24 jam terakhir akibat gempa dan tsunami mencapai sekitar 1.200 jiwa.

Chery Omoda E5 di IIMS 2024

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

Viral mobil menabrak tembok mal saat sedang dipamerkan di MOI Kelapa Gading, Jakarta Utara oleh bocah. Mobil tersebut adalah Chery Omoda E5. Apakah mobil sedang menyala?.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024