Ledakan di PLTN, Warga Diminta Tidak Panik

Kawasan Industri di Sendai Terbakar
Sumber :
  • AP Photo/Itsuo Inouye

VIVAnews - Pemerintah Jepang meminta publik tidak panik atas ledakan di salah satu dari dua kompleks pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) yang terjadi hari ini. Lima reaktor di dua PLTN di Fukushima mengalami kerusakan setelah gempa bumi dan tsunami pada Jumat kemarin, sehingga berpotensi mengalami kebocoran radiokatif.

Menurut stasiun berita Voice of America, seruan agar tidak panik itu dilontarkan seorang jurubicara pemerintah Jepang. Menteri Kepala Kabinet, Yukio Edano, menyatakan bahwa pihak berwenang terus memantau level radiasi di Fukushima. Salah satu PLTN di wilayah itu mengeluarkan kepulan asap putih setelah mengalami ledakan. Belum diketahui persis di mana ledakan berasal.

Menurut sejumlah media massa Jepang, level radiasi di kompleks PLTN yang rusak kemungkinan lebih dari delapan kali lipat dari kadar normal. Namun, Edano menyatakan bahwa penduduk di sekitar PLTN dalam radius 10 km telah diungsikan.

Sebelumnya, pihak berwenang menyatakan status darurat di dua kompleks PLTN di kawasan timur laut Jepang. Pasalnya, perangkat pendingin pada lima reaktor di dua kompleks itu mengalami kerusakan. Penduduk sekitar dalam radius 10 km dari kompleks PLTN telah diungsikan.

Jumlah korban tewas akibat gempa dan tsunami belum dapat dipastikan. Pihak berwenang memperkirakan jumlah korban jiwa maupun warga yang hilang dalam 24 jam terakhir sekitar 1.200 orang. (sj)

Pesawat Super Hercules TNI AU yang Sukses Turunkan Bantuan Kemanusiaan Gaza Akan Tiba di Tanah Air
Boyband SMASH.

SMASH Anniversary ke-14 Penampilannya Bikin Kaget Fans, Bisma: Kami Tidak Tenggelam

Boyband SMASH menghebohkan para penggemar di hari jadi mereka yang ke-14 tahun tepat pada 10 April 2024 kemarin. Grup yang beranggotakan Rafael Tan, Bisma Karisma, dll.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024