Ini Nama ABK Indonesia yang Hilang di Jepang

Tsunami hantam Jepang
Sumber :
  • AP Photo/Keichi Nakane

VIVAnews - Otoritas Oita di Jepang menyatakan ada empat anak buah kapal berkebangsaan Indonesia hilang setelah tsunami menerjang Jepang pada Jumat 11 Maret 2011 lalu, yang diawali dengan gempa dengan kukuatan 9,0 skala richter.

Dari Twiiter Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo, disebutkan empat ABK hilang itu adalah Sunardi, Tonny Setiawan, Rudi Hartono, Arifin Siregar.

Mereka adalah pekerja di kapal Kuni Maru No. 3 (sebelumnya disebut Unimaru) yang kapalnya sedang bersandar di Pelabuhan Shiogama saat tsumani terjadi.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Hingga kini, Kementerian Luar Negeri masih berupaya untuk menghubungi empat keluarga anak buah kapal yang hilang itu.

Dalam keterangan pers di kantor Kementerian Luar Negeri, Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat, Minggu 13 Maret 2011, Menlu Marty Natalegawa menjelaskan, kapal Kuni Maru No. 3 sudah ditemukan di darat, sekitar 2,5 kilometer dari pelabuhan.

Tiba di Tanah Air 15 Maret

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Sejauh ini dari hasil pendataan ada 121 WNI, yang 60 persennya pria, dan sebagian besar adalah mahasiswa, saat ini berada di enam titik penampungan di Kota Sendai, dan sekitarnya.

Seluruh WNI itu akan akan direlokasi dari Sendai ke Tokyo melalui jalan darat dan diperkirakan memakan waktu sekitar 18 jam. Rencananya mereka akan tiba di di Tanah Air pada Selasa 15 Maret 2011.

"Saat ini sedang masuk fase relokasi yang akan dilakukan dari Sendai ke Tokyo," ujar Marty. (umi)

Parto Patrio

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 26 April 2024. Salah satunya tentang sakit yang diidap Parto hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024