Air Keran Fukushima Terkontaminasi Radioaktif

Tsunami hantam Jepang
Sumber :
  • AP Photo/Kyodo News

VIVAnews - Kementerian Kesehatan Jepang mendesak warga yang tinggal di prefektur Fukushima tidak mengonsumsi air keran. Pasalnya, air keran ini terkontaminasi radioaktif dengan level lebih tinggi.

Hasil tes menunjukkan air keran dari desa Iitate, Fukushima, memiliki tingkat radiasi tiga kali lebih tinggi dari standar yang diizinkan pemerintah, seperti dikutip dari laman NHK news, Senin 21 Maret 2011. Namun, menteri kesehatan setempat menilai peningkatan radiasi ini tidak akan langsung menimbulkan resiko kesehatan.

Kementerian menyebutkan air tersebut masih bisa dipakai untuk mencuci dan mandi. Jika sampai terminum, tidak ada efek langsung. Meski demikian, 3.700 warga yang tinggal di desa ini tidak mengonsumsi air keran.

Peningkatan radiasi juga ditemukan dalam sayuran yang diproduksi di prefektur Gunma, Tochigi, dan Chiba. Kementerian Kesehatan Jepang menyatakan level radiasi pada sayuran itu juga tidak segera menimbulkan efek samping.

Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan

Radiasi meningkat di Fukushima setelah ledakan reaktor nuklir di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di prefektur ini, pasca-gempa 9 SR, Jumat 11 Maret 2011. Hingga kini, Pemerintah Jepang berjibaku meminimalisir radiasi yang tersebar dari kebocoran reaktor tersebut.

Pengemudi Fortuner arogan pakai pelat palsu TNI.

Pengemudi Fortuner Arogan yang Ngaku Adik Jenderal Buang Pelat TNI Palsu di Bandung

Polisi masih mencari barang bukti berupa pelat dinas TNI palsu yang digunakan seorang pria berinisial PGWA pada mobil Fortunernya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024