Gempa 6 SR Guncang Reaktor Nuklir Jepang

Tsunami hantam Jepang
Sumber :
  • AP Photo/Kyodo News

VIVAnews - Gempa berkekuatan 6 pada Skala Richter kembali mengguncang Fukushima, Jepang. Seperti dilansir Sydney Morning Herald, Rabu, 23 Maret 2011, menurut badan meteorologi setempat, gempa itu terjadi di pusat krisis radiasi Jepang.

Gempa berkekuatan besar itu tidak menimbulkan tsunami. NHK melaporkan tidak ada kerusakan berarti yang diakibatkannya, termasuk di reaktor nuklir 1 yang sudah lumpuh.

Reaktor Fukushima berada dalam situasi krisis sejak dihantam gempa bumi 9 SR dan tsunami dahsyat pada 11 Maret 2011 lalu. Akibat bencana ini, listrik mati dan pendingin rusak. Tiga reaktor yang masih aktif, meledak saat upaya pendinginan dilakukan. Tingkat radiasi di lokasi mencapai tingkat yang mengkhawatirkan, ratusan ribu penduduk diungsikan.

Saat ini petugas di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Dai-ichi, Jepang, telah berhasil kembali menyalurkan arus listrik ke salah satu reaktor. Tingkat radiasi juga telah menurun. Namun, kekhawatiran lain muncul: tekanan pada selubung reaktor lain kini mulai meninggi. (kd)

Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania, TNI Berhasil Kirim Bantuan RI ke Gaza via Udara
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, PT PLN

39 Unit SPKLU PLN di Sepanjang Tol Trans Sumatra Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya

PT PLN (Persero) menyiagakan 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di seluruh tanah air untuk periode mudik lebaran tahun 2024

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024