Kasus Sodomi, DNA Anwar Bakal Jadi Bukti

Jusuf Kalla Bertemu Anwar Ibrahim
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pengadilan Tinggi Malaysia hari ini memutuskan akan memberi izin kepada tim penuntut untuk menggunakan bukti DNA dalam menjerat pemimpin oposisi Anwar Ibrahim atas kasus sodomi. Tim penuntut yakin, cairan yang ditemukan pada tubuh penggugat menjadi bukti kuat atas Anwar.

Menurut kantor berita Associated Press, keputusan Pengadilan Tinggi itu bertolakbelakang dengan keputusan sebelumnya pada awal bulan ini. Saat itu, hakim pengadilan menyatakan bahwa sikat gigi, handuk, dan botol minuman milik Anwar saat dia sempat ditahan polisi pada 2008 tidak bisa diajukan sebagai bukti atas kasus sodomi karena diperoleh secara tidak sah.

Namun, sikap pengadilan berubah saat seorang ahli kimia yang dihadirkan oleh polisi bersaksi bahwa unsur asam deoksiribonukleat, yang lebih dikenal dengan sebutan DNA (Deoxyribo Nucleic Acid), pada benda-benda milik Anwar itu cocok dengan materi dari cairan yang didapat dari mantan asistennya, Saiful Bukhari Azlan, yang mengaku sebagai korban sodomi. 

Di sejumlah negara, pengujian DNA dianggap sebagai metode yang efektif untuk mengidentifikasi seorang pelaku kejahatan. Oleh karena itu, tim penuntut yakin bahwa uji DNA bisa menjadi bukti kuat bahwa Anwar pernah melecehkan asistennya yang berusia 25 tahun.  Sebelumnya, Azlan mengaku disodomi oleh Anwar di sebuah kondominium di Kuala Lumpur pada 26 Juni 2008.

Sidang pengadilan atas kasus itu masih berlangsung. Bila terbukti bersalah, Anwar terancam hukuman penjara selama 20 tahun. Di Malaysia, sodomi merupakan kejahatan seksual. Anwar selama ini menolak untuk secara sukarela menjalani tes sampel DNA, karena dia yakin bakal direkayasa oleh pihak berwenang. 

Keputusan pengadilan itu muncul saat Anwar tengah didera masalah baru, yaitu menyangkut rekaman video seks antara seorang pria dengan seorang perempuan. Muncul klaim bahwa pria dalam video itu mirip Anwar. Namun, Anwar membantah dan menyatakan bahwa penyebaran video itu merupakan fitnah terkini atas dirinya setelah didera kasus sodomi.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya
Manchester City

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Duel Brighton vs Manchester City dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express, Jumat 26 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024