Libya Bergolak

Koalisi Gempur Kampung Halaman Khadafi

Pesawat jet tempur Tornado Inggris yang dikirim ke Libya.
Sumber :
  • AP Photo/Andrew Milligan-pa

VIVAnews - Jet-jet pasukan Koalisi Internasional menggempur Sirte, kampung halaman pemimpin Libya yang tengah digoyang, Muammar Khadafi. Ini adalah kali pertama Koalisi membombardir fasilitas-fasilitas militer di Sirte sejak menggelar operasi militer selama satu pekan terakhir.

Menurut kantor berita Associated Press (AP), bombardir itu berlangsung pada Minggu malam waktu setempat (Senin, 28 Maret 2011, dini hari WIB). Bunyi ledakan juga terdengar di Ibukota Tripoli. Setidaknya terdengar sembilan bunyi ledakan dan rentetan tembakan anti pesawat udara.

Sirte terletak di antara kawasan timur, yang dikuasai pemberontak, dan wilayah barat, yang masih didominasi pasukan pro Khadafi. Tak lama setelah pengeboman, pasukan pemberontak bergerak menuju Sirte. Menurut AP, kota ini adalah pertahanan strategis yang harus direbut pemberontak bila ingin maju ke Tripoli.

Setelah tengah malam, stasiun televisi pemerintah memastikan terjadi serangan udara di Sirte dan Tripoli.

Sementara itu, pertempuran sengit meletup di kota Misrata, Libya sebelah barat. Warga setempat melaporkan masih berlangsungnya baku tembak antara pemberontak dengan pasukan pro Khadafi, dengan menggunakan tank.

Misrata merupakan satu dari dua kota di kawasan barat Libya yang memberontak. Letaknya di antara Tripoli dan Sirte.

PLN Sebut Tak Semua Tiang Listrik Bisa Dijadikan SPKLU Kendaraan Listrik, Ini Alasannya
Prabowo jelang keberangkatan ke KPU untuk penetapan Presiden terpilih

Harapan Prabowo Jelang Penetapan Presiden-Wakil Presiden Terpilih 2024 di KPU

Prabowo Subianto memberikan pernyataannya menjelang penetapan dirinya sebagai Presiden terpilih 2024 di Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) hari ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024