Direktur PLTN Jepang Masuk Rumah Sakit

Masataka Shimizu, Presiden Tepco.
Sumber :
  • AP Photo/Eugene Hoshiko

VIVAnews - Presiden perusahaan Tokyo Power co (Tepco), operator Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi, Masataka Shimizu, masuk rumah sakit. Sebelumnya, Shimizu kerap mendapatkan tekanan untuk turun terkait krisis nuklir di PLTN tersebut.

Seperti dilansir dari laman Associated Press, Rabu, 30 Maret 2011, Shimizu, 66, masuk rumah sakit karena tekanan darah tinggi dan pusing hebat. Dia tak terlihat di muka publik sejak mengadakan konferensi pers 13 Maret lalu.

Menurut juru bicara Tepco, Takehiko Yamanaka, mengatakan selama ini Shimizu berada di kantor pusat Tepco di Tokyo. Juru bicara lainnya, Kazufumi Suzuki, mengatakan Shimizu sakit akibat bekerja terlalu berlebihan sejak 16 Maret lalu.

Direktur Tepco, Tsunehisa Katsumata, 71, akan mengambil alih pekerjaan Shimizu selama dia di rumah sakit. Katsumata adalah mantan presiden Tepco.

Sebelumnya, Shimizu ditekan untuk turun terkait krisis di salah satu PLTN di Fukushima. Shimizu dinilai gagal dalam meimpin Tepco. Sejak dia memimpin pada 2008, nilai saham Tepco turun hingga 73 persen. Tepco juga dinilai memiliki kinerja terburuk diantara 17 perusahaan penyedia energi lainnya.

Upaya penanganan PLTN yang bermasalah di FUkushima juga dinilai tidak sesuai prosedur dan tidak transparan. Beredar kabar, beberapa anggota parlemen Jepang mengusulkan pemerintah mengambilalih Tepco.

Tarif Bus Transjakarta Rp3.500 Rute Kalideres-Bandara Soetta Berlaku 1 Mei 2024
Dirjen Binwasnaker dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan, Haiyani Rumondang

Kemnaker Menyatakan Kepada Pengusaha yang Telat Bayar THR akan Dikenai Denda 5 Persen

Kemnaker menyatakan bahwa pengusaha yang terlambat membayar Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan kepada pekerja/buruh akan dikenai denda sebesar 5 persen.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024