8 Provinsi di Thailand Banjir, 21 Orang Tewas

Seorang gadis Thailand melintasi gang yang tergenang banjir di Bangkok
Sumber :
  • AP Photo/Sakchai Lalit

VIVAnews - Banjir bandang besar menimpa delapan provinsi di Thailand. Dilaporkan, 21 orang tewas dan ratusan ribu lainnya terkena dampak banjir.

Menurut Kementerian Dalam Negeri Thailand, dilansir dari laman CNN, Kamis 31 Maret 2011, banjir bandang menimpa daerah selatan Thailand, menewaskan 21 orang. Sebanyak 716.000 warga di delapan provinsi tersebut terkena dampaknya.

Ke delapan provinsi tersebut adalah Nakhon Si Thammarat, Phatthalung, Surat Thani, Trang, Chumphon, Songkhla, Krabi dan Phang Nga.

Surat Thani, daerah terparah terkena banjir, 311 jalan dilaporkan rusak. Kerugian diperkirakan mencapai 1,5 miliar baht atau sekitar Rp430 miliar.

Sebagian besar telah diungsikan ke kuil-kuil atau tempat penampungan lainnya. Pejabat lokal, Sombat Morakot, mengatakan banjir bandang disebabkan oleh hujan deras yang turun selama berhari-hari.

"Hujan lebat terjadi selama beberapa hari. Saya tidak pernah mengalami hal ini sebelumnya di Thailand. Hujan menyeret tanah dan kayu ke beberapa desa," ujar Sombat.

Hujan lebat yang masih terjadi dan banjir juga membuat layanan transportasi sungai, seperti boat dan ferry, tidak bisa dijalankan. Menurut Bangkok Post, bandara-bandara di beberapa provinsi tersebut juga tidak berfungsi karena adanya genangan air di landasan.

Ribuan wisatawan dari berbagai negara terdampar di sebuah pulau liburan. Cuaca buruk membuat para pemilik boat dan ferry tidak berani berlayar. Sebanyak 33 penerbangan nasional dan internasional di bandara Samui dibatalkan. Menurut laporan Bangkok Airways, sebanyak 2.100 wisatawan tidak dapat pulang sejak Senin lalu. (umi)

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Terminal 2 Bandara Soetta

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10

Kementerian Perhubungan, mendapatkan fakta terkait dengan pergerakan penumpang dalam periode angkutan mudik Lebaran 2024. Pemudik menumpuk di H-4, H-3 lebaran Idul Fitri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024