Thailand dan Kamboja Kembali Baku Tembak

Konflik di Perbatasan Thailand-Kamboja
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Thailand dan Kamboja hari ini kembali baku tembak di wilayah perbatasan yang dipersengketakan kedua negara. Padahal, mereka tengah mengikuti proses damai, yang difasilitasi Indonesia.

Stasiun berita BBC, mengutip keterangan seorang jenderal Thailand, mengungkapkan bahwa baku tembak itu menewaskan seorang prajuritnya dan beberapa lagi cedera. Thailand dan Kamboja saling tuding atas siapa yang lebih dulu melepas tembakan.

Thailand mengkalim bahwa pasukan mereka ditembaki Kamboja saat berpatroli. Sebaliknya, Kamboja menyatakan bahwa pasukan Thailand melakukan serangan agresif kepada mereka.

Lokasi baku tembak terjadi sekitar 100 km dari sebelah barat daya kompleks kuil Preah Vihear, yang tengah dipersengketakan kedua negara. Menurut BBC, juru bicara Kementrian Pertahanan Kamboja, Letnan Jenderal Chhum Socheat, mengatakan bahwa baku tembak terjadi di kulit Ta Krabey, yang juga saling diklaim kedua pihak. 

Pertempuran sebelumnya berlangsung pada awal Februari lalu, yang menewaskan sedikitnya sepuluh orang. Sejak saat itu Thailand dan Kamboja menahan diri saat Indonesia, sebagai ketua ASEAN, berinisiatif membantu mengatasi kekerasan secara diplomasi, dengan memfasilitasi dialog damai kedua pihak di Bogor.

Namun, tindak lanjut atas pertemuan di Bogor pada 22 Februari lalu itu belum terwujud. Pasalnya, Thailand dan Kamboja masih belum bersepakat mengenai masalah teknis pengiriman tim pemantau netral dari Indonesia ke wilayah konflik.

Konflik perbatasan sejak lama telah menjadi ganjalan bagi hubungan Thailand dan Kamboja. Krisis itu menyangkut lokasi suatu kompleks kuil kuno. Dibangun lebih dari 900 tahun lalu, kuil Preah Vihear berdasarkan keputusan Pengadilan Internasional 1962 menjadi milik Kamboja, namun tetap dipersengketakan oleh Thailand. Kuil Preah Vihear masuk daftar PBB sebagai Situs Warisan Dunia.

Langkah PBNU Persiapkan Santri Sukses Masuk PTN Favorit
Menteri BUMN Erick Thohir

Erick Thohir: Arahan Saya ke BUMN Beli Dolar Secara Optimal, Terukur, dan Sesuai Kebutuhan

Menteri BUMN, Erick Thohir mengarahkan BUMN beli dolar secara optimal, terukur, dan sesuai kebutuhan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024