AS: Osama Tewas, al-Qaeda Tetap Ditumpas

Pasukan Garda Nasional AS memantau perbatasan AS-Meksiko
Sumber :
  • AP Photo/Ross D. Franklin, file

VIVAnews - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Hillary Clinton, menyatakan tewasnya Osama bin Laden bukanlah akhir bagi al-Qaeda. Perang AS melawan jaringan teroris itu, beserta simpatisan mereka, akan terus berlanjut kendati sudah ditinggal mati dedengkotnya.

"Kerjasama akan tetap berlangsung. Walaupun kita baru saja mengalami pencapaian yang besar, namun jangan lupa bahwa perang melawan al-Qaeda dan jaringan terornya tidak akan berakhir dengan tewasnya bin Laden. Kita harus memanfaatkan peluang ini untuk melipatgandakan upaya [memerangi teror]," ujar Clinton dalam pernyataan yang dipublikasikan laman Departemen Luar Negeri AS, Senin 2 Mei 2011 waktu setempat.

Di Afganistan, menurut Clinton, AS akan tetap melakukan operasi memerangi al-Qaeda dan milisi Taliban, yang menjadi sekutu mereka. Di saat yang sama, AS juga akan membantu pemerintah dan rakyat Afganistan untuk memperkuat pemerintahan dan keamanan di negeri mereka sendiri.

Menurut Clinton, AS mendukung proses politik di Afganistan yang berupaya mengucilkan al-Qaeda, sekaligus mengakhiri pemberontakan. "Pesan kami kepada Taliban tetap sama, namun hari ini gaungnya kian kencang: Kalian tidak bisa mengalahkan kami. Namun kalian bisa memilih untuk meninggalkan al-Qaeda dan bergabung dalam proses politik yang damai," kata Clinton.

Kerjasama memerangi al-Qaeda juga akan berlanjut antara AS dan Pakistan. Di negara itulah Osama bersembunyi selama beberapa bulan terakhir sebelum dia akhirnya ditembak dalam operasi pasukan khusus AS pada Minggu dini hari waktu setempat, 1 Mei 2011.

"Dalam beberapa tahun terakhir, kerjasama antar pemerintah, militer, dan pihak penegak hukum kian menekan al-Qaeda dan Taliban. Kemajuan ini harus berlanjut dan kami berkomitmen melakukannya," kata Clinton. Dia juga menyatakan kerjasama AS memerangi terorisme juga terus berlanjut dengan negara-negara lain. (umi)    

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI
VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024