WikiLeaks: Militer Pakistan Lindungi Osama

Osama bin Laden
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews – Pasukan militer Pakistan diduga berada di balik keberhasilan Osama bin Laden menghindar dari kejaran tentara Amerika Serikat selama hampir 10 tahun. Kecurigaan itu tertuang dalam dokumen rahasia pemerintah AS. Diplomat-diplomat AS pun diberitahu bahwa salah satu alasan utama kegagalan militer mereka menemukan Osama adalah karena pasukan keamanan Pakistan selalu melarikan gembong al-Qaeda itu ketika militer AS telah mendekati lokasi keberadaannya.

Seperti dilansir The Telegraph, Direktorat Intelijen Pakistan juga dituduh menyelundupkan dan meloloskan teroris-teroris al-Qaeda melewati sistem keamanan bandara, agar mereka tidak tertangkap. Intelijen Pakistan bahkan dituding mengirim sebuah unit ke Afganistan untuk membantu Taliban bertarung melawan para pengejarnya. Tuduhan-tuduhan pemerintah AS kepada militer dan intelijen Pakistan itu dibocorkan oleh WikiLeaks.

Semua tudingan itu hanya menambah daftar pertanyaan tentang kemampuan Pakistan memerangi al-Qaeda. Tahun lalu, Perdana Menteri Inggris David Cameron sempat menimbulkan kehebohan diplomatik ketika ia berkata bahwa Pakistan tidak dapat ‘berdiri di dua kaki’ dalam menghadapi terorisme. Pemerintah Pakistan mengeluarkan bantahan keras terhadap tuduhan tak langsung Cameron.

Osama pada akhirnya berhasil dibunuh oleh pasukan militer rahasia AS di lokasi yang terletak hanya beberapa ratus yard dari akademi militer Pakistan yang prestisius di Abbotabad, tidak jauh dari ibukota Pakistan di Islamabad. Penyerangan oleh tentara elit AS itu dirahasiakan dari pemerintah Pakistan sendiri. Hanya lingkaran dekat pemerintahan Obama yang mengetahui operasi militer itu.

Pada Desember 2009 silam, pemerintahan Tajikistan memperingatkan AS bahwa upaya untuk menangkap Osama dapat digagalkan oleh mata-mata Pakistan yang korup. Menurut pejabat senior kontraterorisme Tajikistan, Jenderal Abdullo Sadulloevich Nazarov, sesungguhnya banyak pejabat Pakistan yang mengetahui tempat persembunyian Osama.

“Di Pakistan, Osama bin Laden bukanlah sosok yang tak terlihat. Banyak yang mengetahui lokasi keberadaannya di sekitar Utara Waziristan. Tapi kapan pun pasukan militer melancarkan serangan menuju tempat persembunyiannya, ia menerima peringatan dan informasi tentang gerakan militer itu dari sumber dalam Pakistan,” pungkas Nazarov. (eh)

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang
Rizky Nazar

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Rizky Nazar menjelaskan dirinya pergi ke tempat yang ada di video tersebut ramai-ramai dan tidak berduaan dengan Salsha Adriani.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024