Osama Tinggal di Sebelah Pejabat Militer

Osama bin Laden
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews – Persembunyian gembong teroris Al-Qaeda, Osama bin Laden, di Abbottabad terletak persis di sebelah pejabat militer senior Pakistan yang masih aktif, Mayor Amir Aziz. Aziz yang berusia 45 tahun bertugas sebagai komandan di Korps Medis Angkatan Darat Pakistan. Ia tinggal hanya 80 meter dari kediaman Osama yang diserbu pasukan khusus Amerika Serikat.

Seperti dilansir The Telegraph, Aziz tidak dapat ditemui di rumah besarnya yang dijaga dengan keamanan ketat. Namun plang nama berbahasa Urdu yang terpampang di pintu rumahnya jelas mengkonfirmasi Aziz sebagai pemilik rumah itu. Polisi-polisi yang bertugas di daerah itu juga mengatakan Mayor Aziz merupakan tentara aktif yang mengepalai unit non-tempur.

Sebelumnya, banyak kecurigaan ditujukan kepada pejabat keamanan Pakistan yang diduga membantu menyembunyikan Osama di balik bayang-bayang Akademi Militer Kakul, Pakistan, yang terletak tak jauh dari kediaman Osama. Akademi Militer Kakul adalah salah satu garnisun dengan tingkat keamanan tertinggi di Pakistan.

Letnan Jenderal Talat Masood, seorang pensiunan pejabat senior militer Pakistan dan pendukung dekat Kepala Staf Angkatan Bersenjata Jenderal Ashfaq Kiyani, meyakini bahwa sejumlah elemen dari petugas keamanan Pakistan telah berkolusi untuk melindungi Osama.

“Saya merasa, mungkin ada keterlibatan pihak keamanan Pakistan pada tingkat tertentu. Bila tidak, mustahil Osama bisa berada di sana. Orang-orang di Pakistan selalu ingin tahu siapa yang tinggal di sebelah mereka. Seseorang seharusnya masuk dan keluar dari rumah itu. Saya merasa terkejut dan malu dengan kenyataan Osama bisa berada di sana,” kata Kiyani.

Komentar blak-blakan Kiyani itu terlontar setelah agen intelijen Pakistan mengaku malu atas kegagalannya mendeteksi tempat persembunyian Osama di salah satu distrik militer Pakistan yang dilengkapi dengan keamanan ketat.

Para tetangga yang menyaksikan serbuan tentara Amerika ke rumah itu mengemukakan, mereka tidak pernah bertanya-tanya dan mengamati tetangga rahasia mereka secara seksama. Itu karena selama ini beredar rumor bahwa rumah itu dihuni oleh pedagang obat terlarang atau penyelundup.

“Ada rumor bahwa rumah itu dipenuhi oleh uang haram dan para penjual obat bius. Dengan rumor seperti itu, kamu tidak akan mau mengetuk pintu rumah itu,” kata kontraktor besi Hussein Jaffri, penduduk di sekitar lokasi kediaman Osama. Tidak ada penduduk Abbottabad yang percaya Osama selama ini tinggal di antara mereka.

“Seharusnya gambar Osama dipublikasikan. Jika kami melihatnya, maka kami mempercayainya,” kata pensiunan guru Aslam Khan. (kd)

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024
Ramalan zodiak

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

Ramalan zodiak Kamis, 25 April 2024. Aries ingin menjauh dari realitas sejenak. Bagi Libra yang lajang, mungkin ada kesempatan untuk bertemu seseorang yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024