Osama Sudah Bersiap Kabur Sebelum Ditembak

Osama bin Laden Tewas [GALLERY]
Sumber :
  • AP Photo/Rahimullah Yousafzai

VIVAnews – Osama bin Laden mengantongi uang sejumlah 500 Euro dan dua nomor telepon yang dijahitkan di dalam pakaiannya, ketika ia ditembak oleh pasukan militer khusus Amerika Serikat di Abbottabad, Pakistan, pekan lalu.

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Hal itu diungkapkan oleh Direktur CIA Leon Panetta kepada anggota Kongres AS, dalam sebuah rapat singkat di Capitol Hill, Washington DC.

Menurut CIA, temuan itu mengindikasikan bahwa Osama sesungguhnya sudah bersiap untuk meninggalkan benteng persembunyiannya dalam waktu dekat. Seperti dilansir The Telegraph, Panetta mengemukakan informasi ini dalam rapat dengan Kongres, sebagai respon atas pertanyaan terkait kondisi Osama yang tidak dikelillingi oleh lebih banyak pengawal pribadinya di dalam rumah mewah tempat persembunyiannya itu.

Panetta mengatakan, Osama percaya bahwa jaringannya sudah cukup kuat, sehingga ia yakin dengan keamanannya di rumahnya sendiri. Hal itu juga memperkuat teori yang banyak beredar di AS, bahwa Osama merasa dilindungi di Pakistan, dan ia akan diberi peringatan dini jika ada upaya untuk menangkap atau membunuh dirinya.

Indikasi kesiapan Osama untuk kabur juga menjadi salah satu alasan mengapa pemerintah Obama tidak ingin memberitahu orotitas Pakistan tentang rencana serangan militer AS, sebelum serangan itu selesai dilakukan dengan sempurna.

Selain temuan uang dan nomor telepon di dalam pakaian Osama, US Navy SEALs yang menggelar penyerbuan terhadap Osama itu juga menemukan sejumlah hal lainnya, antara lain komputer. Pemerintahan Obama menyebut penemuan itu sebagai ‘harta karun.’ (umi)

dana asing

Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat, modal asing keluar atau capital outflow di pasar keuangan domestik mencapai Rp 21,46 triliun di pekan ketiga April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024