Pasukan Pembunuh Osama Pulang ke AS

Latihan pasukan khusus Navy SEAL.
Sumber :
  • US Navy

VIVAnews - Tim pasukan elit Navy SEAL, yang dikabarkan berhasil membunuh Osama bin Laden di Pakistan, telah pulang ke Amerika Serikat (AS). Namun, sebagai anggota pasukan khusus, mereka tidak akan mendapat sambutan terbuka dari publik.

Menurut stasiun berita ABC News, mereka dipastikan telah kembali ke AS Rabu, 4 Mei 2011 waktu setempat. Tim itu tiba di pangkalan angkatan udara Andrews, di luar Ibukota Washington DC. Pangkalan itu dikenal sebagai rumah bagi pesawat kepresidenan AS, Air Force One.

Sebelum mereka datang, barang-barang penting dari rumah Osama yang disita pasukan SEAL telah tiba di laboratorium milik Badan Penyelidik Federal (FBI) untuk diteliti.

Menurut kantor berita Associated Press (AP), keberhasilan mereka atas operasi di Pakistan itu hanya dirayakan secara terbatas di kalangan internal. Juru bicara Komando Operasi Khusus Angkatan Laut AS (NSWC), John Scorza, mengatakan bahwa nama semua anggota tim itu tidak akan dipublikasikan.

Hingga kini, pemerintah AS hanya menyebut bahwa tewasnya Osama berkat operasi khusus pasukan mereka. Namun, seperti yang dilansir AP, pejabat NSWC Laksamana Muda Edward Winters telah mengirim surel (email) berisi ucapan selamat kepada anak buahnya sambil mengingatkan mereka untuk tetap diam karena "perjuangan belum berakhir."

Winters merupakan pemimpin grup elit SEAL Team Six. Sebagai pasukan khusus Angkatan Laut AS, Navy SEAL terdiri atas sejumlah grup, dengan tugas-tugas yang spesifik. Namun, menurut National Journal, kelompok penyerbu Osama itu berasal dari SEAL Team Six, yang bernama resmi Naval Special Warfare Development Group.

Biasa disingkat DevGru, tim itu berpangkalan di Dam Neck, negara bagian Virginia, AS. Tim itu selalu ditugaskan untuk melakukan operasi anti teror di mana saja. Mereka mendapat perintah langsung dari Presiden AS, melalui Komando Operasi Khusus Gabungan (JSOC).

Klaim Tangkis 99 Persen Serangan Rudal dan Drone Iran, Pakar Militer Sebut Israel Halu
Bunga Zainal.

Bunga Zainal Pamer Saldo 271 T, Netizen: Sombong! Sindir Sandra Dewi?

Lewat unggahan video di Instagram, Bunga Zainal sedang parodi seolah mendapatkan uang sebanyak Rp271 triliun dari hasil tunjangan hari raya atau THR.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024