Polri Sebar Sniper di Senayan

Pengamanan KTT ASEAN 2011.
Sumber :
  • VIVAnews/Denny Armandhani

VIVAnews - Kepolisian Republik Indonesia menyebarkan pasukan penembak jitu (sniper) di sekitar lokasi tempat KTT ASEAN dilaksanakan, Senayan. Daerah ini dan sekitarnya pada pelaksanaan KTT akan menjadi ring satu pusat pengamanan Polri dan Paspamres.

"Sniper kami sebar di ring dua," ujar Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sujarno, tanpa menyebut lokasi ditempatkannya para penembak jitu.

Sujarno menjelaskan wilayah Senayan telah dibagi menjadi beberapa wilayah pengamanan. Dalam gedung Jakarta Convention Center (JCC) tempat pelaksanaan KTT dan berkumpulnya para kepala negara adalah ring satu.

"Ring satu ini ini dijaga oleh Paspampres (Pasukan Pengaman Presiden)," ujar Sujarno.

Ring dua, ujar Sujarno, adalah lokasi luar gedung di kompleks Senayan. Sementara ring tiga lebih luas lagi, yaitu wilayah sekitar kompleks Senayan. Untuk pengamanan ini, Sujarno, mengatakan telah menurunkan 6.138 personelnya.

"Mabes polri juga menurunkan satuan hewan (anjing pelacak) dan baracuda," ujar Sujarno.

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

Sujarno mengatakan, pengamanan KTT ASEAN telah dilakukan sejak tanggal 3 Mei. Kepolisian dibantu dengan Paspampres juga telah menyisir JCC untuk melakukan inspeksi pengamanan penuh setiap harinya menjelang KTT ASEAN.

"Kami juga melakukan operasi cipta mandiri dan bahkan melakukan razia-razia di jalanan," ujar Sujarno.

Selain di ring-ring yang telah ditetapkan, pengamanan juga dilakukan di hotel-hotel tempat para delegasi maupun kepala negara bermalam. Hotel-hotel tersebut terletak di beberapa tempat di Jakarta. "Terdapat delapan hotel yang kami lakukan penjagaan ketat," ujar Sujarno. (umi)

Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024