ASEAN Belum Siap Terima Timor Leste

Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Permintaan Timor Leste untuk bergabung dengan ASEAN baru akan dipertimbangkan pada tahun depan. Hal ini dikarenakan belum adanya kesiapan dari ASEAN untuk menerima Timor Leste, dan begitu juga sebaliknya.

Sekretaris Jenderal ASEAN, Surit Pitsuwan, berbicara kepada para perwakilan negara-negara asing di Indonesia, Senin, 9 Mei 2011, mengatakan bahwa tidak ada penolakan dari negara-negara anggota ASEAN pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang berlangsung akhir pekan lalu.

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

"Saya tidak melihat adanya penolakan, hanya masalah timing dan kesiapan dari kedua belah pihak," ujar Surin.

"Pertanyaannya bukan hanya apakah Timor Leste siap menjadi anggota ASEAN, tapi juga apakah ASEAN punya kapasitas dan siap mencerna permasalahan yang akan timbul," lanjutnya lagi.

Menurut laman Asean community Indonesia, proposal keanggotaan Timor Leste masih dalam pertimbangan yang ketat. Singapura dalam beberapa kesempatan sebelum KTT, mengatakan bahwa penerimaan Timor Leste sebagai anggota sebaiknya dilakukan setelah Komunitas ASEAN terbentuk pada 2015.

Lebih jauh, Singapura memberikan satu lagi opsi, yaitu penerimaan Timor Leste setelah permasalahan Myanmar, Kamboja, Laos dan Vietnam telah mapan.

Selain Singapura, beberapa negara juga keberatan dengan kemungkinan diterimanya Timor Leste sebagai anggota dalam waktu dekat. Diantaranya adalah Laos yang mengatakan bahwa ASEAN tidak boleh terburu-buru dalam menerima Timor Leste.

Akhirnya dalam KTT kemarin, negara-negara ASEAN sepakat untuk tidak memasukkan Timor Leste dalam keanggotaan pada tahun ini. Pembahasan kembali mengenai kemungkinan diterimanya Timor Leste baru akan dipertimbangkan pada tahun depan.

Surin mengatakan bahwa permintaan untuk bergabung telah disampaikan berulang kali oleh Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao. Surin memberikan saran kepada Xanana untuk meningkatkan terlebih dahulu beberapa bidang di dalam negeri untuk memberikan daya tawar yang tinggi kepada negara ASEAN yang lain.
 
"Saya menyarankannya untuk meningkatkan sumber daya di bidang mineral, gas, perminyakan, perikanan, dan perdagangan. Setelah itu keanggotaan Timor Leste akan menjadi penting," ujar Surin. (eh)

Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024