Osama Tewas

Koran Yahudi Hapus Foto Hillary Clinton

Koran Yahudi menghapus gambar Hillary Clinton
Sumber :
  • AP

VIVAnews - Foto situasi di ruang kontrol Gedung Putih saat para pejabat tinggi AS memantau aktivitas pasukan Navy SEAL meringkus gembong teroris paling dicari, Osama bin Laden, akan menjadi bukti sejarah. Para pejabat pemerintah dan militer tertinggi AS terpampang di foto itu. Di antaranya: Presiden Barack Obama yang duduk di pojok, juga dua perempuan, Menlu Hillary Clinton dan Direktur Kontraterorisme Audrey Tomason.

Namun, dua perempuan tersebut menghilang di foto yang dimuat koran mingguan Yahudi ortodok yang berbasis di Brooklyn, Di Tzeitung. Alasannya, mereka punya kebjkan untuk tak memuat foto perempuan.

Redaksi koran tersebut telah meminta maaf karena menghapus Clinton dan Tomason secara digital dan mengatakan editor foto mereka tidak membaca peringatan Gedung Putih yang melarang perubahan foto dalam bentuk apapun. Permintaan maaf telah dilayangkan pada Gedung Putih dan Kementerian Luar Negeri AS.

Kepada para pembacanya, Di Tzeitung menjelaskan, "Kami meyakini perempuan harus dihargai, siapa mereka dan apa yang mereka lakukan, bukan seperti apa penampilan mereka. Hukum Yahudi tentang kesederhanaan adalah ekspresi penghargaan terhadap perempuan, bukan sebaliknya."

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

Koran itu juga menjelaskan, raibnya foto Hillary Clinton bukan ekspresi ketidaksukaan. Apalagi, Clinton, anggota partai Demokrat yang mewakili New York sebagai senator. Ia telah memenangkan mayoritas besar suara di komunitas Yahudi Ortodoks karena mereka "menghargai kemampuannya yang unik, bakat dan perilakunya yang menunjukkan kasih sayang."

Di Tzeitung, diterbitkan dalam bahasa Yiddish, dijual di lapak-lapak di sejumlah wilayah terutama di kawasan Williamsburg, Brooklyn's dan Borough Park, yang memiliki banyak penduduk Yahudi Ortodoks.

Seorang editor di sebuah koran mingguan Manhattan yang memantau isu Yahudi, Lil Swanson menjelaskan, penghapusan perempuan dari foto itu didasarkan pada kepercayaan orang Yahudi ultra-Ortodoks, bahwa tidaklah sopan memampangkan gambar bentuk tubuh perempuan. (Sumber: AP)

VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024