Pakai Ponsel Kelamaan Bisa Ancam Pernikahan

Para pengguna telepon seluler di New Delhi, India
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pemerintah suatu daerah di India punya cara unik untuk menyelamatkan pernikahan warga mereka. Caranya, perempuan yang baru menikah dianjurkan tidak berlama-lama bercakap-cakap lewat telepon seluler (ponsel). Pantangan ini harus dilakukan selama dua tahun sejak mereka menikah.

Menurut harian Daily Times, imbauan aneh itu diumumkan pemerintah negara bagian Punjab. Pekan lalu, Komisi Perempuan Negara Bagian Punjab (PSCW) mengeluarkan imbauan agar perempuan yang baru jadi pengantin lebih memperhatikan kehidupan rumah tangga ketimbang sibuk berkomunikasi dengan ponsel.  

Menurut Ketua PSCW, Gurdev Kaur Sangha, anjuran ini bermaksud mencegah kecemburuan dari kaum suami. Mungkin saja istri dengan sibuk bercengkerama lewat ponsel dengan ibunya atau perempuan lain yang jadi sohibnya, namun bisa diartikan macam-macamm oleh suami. Dia bisa mengira istrinya berkomunikasi dengan mantan pacar atau selingkuh dengan pria lain. 

Bagi PSCW, situasi itu tidak bisa dianggap remeh karena bisa bisa berujung kepada perceraian. Menurut Sangha, sekitar 40 persen kaum istri di Punjab minta cerai karena suami atau mertuanya tidak suka melihat yang bersangkutan berlama-lama sibuk dengan ponsel.

Selain perceraian, menurut Sangha, salah paham akibat ponsel juga menjadi penyebab meningkatnya kasus kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan seksual, atau konflik antar keluarga.

Maka, PSCW menyarankan agar perempuan yang masih berstatus pengantin baru agar sering berlama-lama memakai ponsel. Disarankan agar pantangan itu bisa berlaku hingga dua tahun. Namun, tidak dijelaskan mengapa harus butuh dua tahun.

Selain itu, tidak disebutkan apakah imbauan PSCW bisa dibakukan menjadi peraturan atau dapat dipakai sebagai dasar hukum bagi kaum suami untuk melaporkan istrinya ke pihak berwenang karena merasa ditelantarkan.

Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 
Belimbing Wuluh atau belimbing sayur

Terpopuler: Manfaat Belimbing Wuluh sampai Tanggapan Buya Yahya Soal Kasus Inses

Round-up dari kanal Lifestyle pada Kamis, 28 Maret 2024. Salah satunya mengenai deretan manfaat belimbing wuluh.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024