Palestina-Israel

Bentrokan di Peringatan Nakba, 12 Orang Tewas

Peringatan hari Nakba di Palestina.
Sumber :
  • AP Photo/Bilal Hussein

VIVAnews - Sedikitnya 12 orang tewas dan puluhan lainnya terluka dalam bentrokan antara warga Palestina dan tentara Israel di tiga wilayah di Palestina. Bentrokan terjadi di tengah peringatan hari Nakba atau hari bencana.

Menurut laman Associated Press, Minggu, 15 Mei 2011, bentrokan paling parah terjadi di di perbatasan antara Suriah dengan Israel. Ketika itu, ribuan demonstran melakukan long march menuju pagar perbatasan ke Dataran Tinggi Golan.

Tentara Israel menghentikan mereka melepaskan tembakan. Dilaporkan, enam orang warga Palestina tewas di tempat ini. Pihak Israel mengatakan bahwa kekerasan di perbatasan dengan Suriah adalah ulah pemerintah Suriah untuk mengalihkan isu kekerasan rezim Presiden Bashar Assad terhadap para penentangnya.

"Rezim Suriah sengaja mencoba mengalihkan perhatian masyarakat internasional dari kekejaman yang mereka lakukan terhadap rakyatnya," ujar juru bicara militer Israel, Avital Leibovich.

Bentrokan berdarah yang menewaskan enam orang juga terjadi di sepanjang perbatasan dengan Lebanon di utara, dan di perbatasan dengan Jalur Gaza di selatan.

Hari Nakba adalah sebutan warga Palestina untuk kelahiran Israel 14 Mei 1948 lalu. Pada hari itu, sebanyak 760.000 warga Palestina tersingkir dari tanah kelahirannya. Beberapa di antara mereka mengungsi ke Lebanon, Yordania, Mesir, beberapa lainnya tinggal di kamp pengungsi.

Sekitar 160.000 warga Palestina lainnya memilih tinggal di wilayah Israel. Warga yang dikenal dengan nama Arab Israel ini kini jumlahnya sekitar 1,3 juta orang, atau sekitar 20 persen dari populasi keseluruhan Israel.

Toyota Luncurkan Fortuner Edisi Terbaru, Dapat Fitur Menarik
Lazio vs Juventus

5 Fakta Menarik Juventus Melangkah ke Final Coppa Italia

Juventus menelan kekalahan atas Lazio dengan skor 1-2 dalam Semifinal Coppa Italia leg kedua di Stadion Olimpico pada Rabu dini hari tadi, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024