Beginilah Caranya Bos IMF Ditangkap Polisi

Dominique Strauss-Kahn (rambut putih) ditahan polisi AS, Minggu 15 Mei 2011
Sumber :
  • AP Photo/Craig Ruttle

VIVAnews - Direktur Pelaksana Badan Moneter Internasional (IMF), Dominique Strauss-Kahn, sejak akhir pekan lalu terjerat kasus kejahatan seksual. Eksekutif yang juga kandidat presiden Prancis itu bakal menjalani sidang pengadilan di New York atas kasus itu.

Berdasarkan sumber dari pihak keamanan AS, harian The Telegraph mengungkapkan saat-saat menjelang dan ketika Strauss-Kahn ditangkap polisi Amerika Serikat (AS). Dia akan secara resmi didakwa melakukan kejahatan seksual, percobaan perkosaan dan melakukan penyekapan atas seorang petugas hotel dalam sidang pengadilan di New York awal pekan ini.

Penangkapan Strauss-Kahn itu, menurut The Telegraph, berlangsung dramatis. Politisi Prancis berusia 62 tahun itu nyaris berhasil kabur dari AS pada Sabtu sore waktu setempat bila pihak keamanan terlambat sepuluh menit mencokoknya.

Strauss-Kahn ditangkap oleh detektif yang tidak berseragam. Padahal, dia sudah duduk enak di kabin Kelas Satu pesawat Air France tujuan Paris di Bandar Udara John F. Kennedy (JFK), New York.

Pesawat dengan nomor penerbangan AF 23 itu dijadwalkan lepas landas pada pukul 16.40, atau cuma sepuluh menit sebelum Strauss-Kahn ditangkap. "Ada apa ini?" begitu reaksi pertama Strauss-Kahn begitu didekati polisi berpakaian sipil. Dia tidak melawan saat ditangkap sehingga ketika itu tidak perlu diborgol.  

"Bila kami terlambat sepuluh menit, dia pasti sudah dalam perjalanan menuju Paris," kata Paul Browne, juru bicara Kepolisian Kota New York (NYPD).

Kejahatan seksual, yang diduga dilakukan Strauss-Kahn, diketahui pihak berwenang saat menerima laporan dari nomor 911. Di AS, itu merupakan nomor darurat yang bermanfaat bagi warga yang menjadi korban maupun saksi mata suatu kejahatan atau kecelakaan.

Perlakuan Strauss-Kahn setelah ditangkap dari pesawat pun mirip dengan seorang penjahat pada umumnya. Dia dibawa ke kantor NYPD Unit Kejahatan Khusus sebelum akhirnya ditahan dan dikenakan tuduhan.

Strauss Kahn pun dikabarkan harus berbaris bersama sejumlah tersangka penjahat lainnya untuk diidentifikasi oleh korban melalui bilik khusus. Secara meyakinkan, perempuan 32 tahun yang menjadi korban langsung menunjuk ke arah Strauss-Kahn. (eh)

Bluebird Hadirkan Layanan Baru, Pakai Toyota Voxy
Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Henrikus Yossi

Kasus Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas di Dalam Hotel, Polisi Tangkap 2 Pria

Seorang remaja perempuan berusia 16 tahun ditemukan tewas di dalam kamar hotel kawasan Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024