Obama Mulai Lawatan Sepekan Ke Eropa

Michelle Obama pada Pesta Perayaan Pelantikan Obama
Sumber :
  • AP Photo/Charlie Neibergall

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat Barack Obama memulai kunjungannya ke Eropa selama sepekan pada Minggu malam, 22 Mei 2011. Obama dijadwalkan akan mengunjungi empat negara Eropa dan menghadiri pertemuan G8 serta melakukan pertemuan dengan pemimpin Rusia dan Jepang.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Dilansir dari laman Associated Press, negara-negara yang akan dikunjungi Obama adalah Irlandia, Inggris, Prancis dan Polandia. Pada kunjungannya yang ke delapan ke Eropa ini, Obama akan menegaskan kembali aliansi AS dengan negara-negara koalisi Barat. Obama juga akan membicarakan seputar gejolak di Timur Tengah dan Afrika Utara, serta perang yang masih berkelanjutan di Afghanistan.

Peran Barat dalam menjaga stabilitas dan demokrasi di dunia Arab tanpa mencampuri urusan dalam negeri negara lain juga akan dibicarakan dalam kunjungan Obama. Selain itu, Obama juga akan mengangkat masalah keuangan Eropa yang saat ini tengah didera krisis sehingga beberapa negara terpaksa menerapkan langkah penghematan.

Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

Negara tujuan pertama Obama adalah Irlandia. Disini dia akan menyempatkan diri mengunjungi Moneygall, sebuah desa kecil yang merupakan tempat kelahiran nenek moyang Obama dari pihak ibu. Kunjungannya kali ini juga untuk menampik berbagai dugaan bahwa Obama bukanlah warga AS. Menurut catatan, nenek moyang Obama adalah warga Irlandia yang eksodus ke AS bersama ribuan warga lainnya.

Setelah mengunjungi Irlandia, Obama dan istrinya, Michelle, akan mengunjungi Inggris selama dua hari. Di Inggris Obama akan menginap di Istana Buckingham dan mendapatkan pelayanan sekelas keluarga kerajaan. Pada Rabu, 25 Mei 2011, Obama akan menjadi presiden AS yang berpidato di hadapan anggota parlemen Inggris di Westminster. Obama dilaporkan akan membicarakan peran Barat dalam perdamaian di Afghanistan dan Libya, serta perekonomian global.

Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah

Setelah itu, Obama dijadwalkan mengunjungi Prancis untuk menghadiri pertemuan G8. Pada pertemuan ini, Obama akan mendesak Bank Dunia dan IMF untuk membantu proses pemulihan Mesir dan Tunisia.

Di sela-sela pertemuan G8, Obama dijadwalkan bertemu dengan Presiden Rusia Dmitry Medvedev dan Perdana Menteri Jepang Naoto Kan.

Dengan Rusia, Obama akan membicarakan masalah keamanan yang selama ini membuat kedua negara berselisih. Sedangkan dengan Jepang, Obama akan menyampaikan belasungkawanya secara langsung atas tsunami yang terjadi di Jepang.

Terakhir, Obama akan mengunjungi Polandia untuk membicarakan masalah kerja sama ekonomi dan keamanan. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya