Gaji Pejabat Singapura Siap Dipotong

Pelantikan Presiden : PM Singapura Lee Hsien Loong
Sumber :
  • Vivanews/ Tri Saputro

VIVAnews - Gaji para pejabat tinggi Singapura, termasuk presiden dan perdana menteri, kemungkinan bakal turun. Ditunjuk pada akhir pekan lalu, Komite Independen mulai bekerja untuk merancang penyesuaian gaji pejabat di negara-kota itu.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

"Kemungkinannya, gaji mereka (para pejabat) akan dipotong," ujar Ketua Komite Independen Urusan Gaji Pejabat, Gerard Ee, seperti yang dikabarkan kantor berita Associated Press, Senin 23 Mei 2011.

Sebagai kepala rumah sakit Changi, Ee dipercaya memimpin komite itu. Tim khusus ini beranggotakan delapan orang dari berbagai elemen masyarakat, baik dari sektor swasta, buruh, dan pekerja sosial.

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Kantor Perdana Menteri (PM) Singapura melalui pernyataannya mengatakan bahwa komite yang ditunjuk akan mengkaji dasar dan tingkatan gaji para pejabat tersebut.

"Hal ini bertujuan untuk memastikan terciptanya pemerintahan yang kompeten dan jujur," tulis penyataan tersebut.

Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Komite pimpinan Ee ini akan membandingkan gaji para pejabat dengan mereka yang bekerja di sektor swasta dengan bidang yang setara. Selain itu, Ee dan timnya juga akan menjadikan tingkat gaji yang umum di Singapura sebagai patokan.

Pada pidatonya usai diambil sumpah untuk kembali menjadi PM Singapura Sabtu pekan lalu, Lee Hsien Loong mengatakan bahwa pembentukan komite ini untuk menjawab keresahan warga Singapura atas tidak imbangnya gaji pejabat dengan perkembangan yang mereka buat di masyarakat.

"Politik bukanlah pekerjaan atau peningkatan karir, namun itu adalah panggilan untuk melayani demi kepentingan yang lebih besar di Singapura," ujar Lee.

Tertinggi di Dunia

Sejak pertengahan dekade 90an, gaji pejabat tinggi di Singapura diukur dua per tiga dari gaji tertinggi di enam sektor swasta, di antaranya adalah akuntansi, perbankan, konstruksi, hukum, perusahaan manufaktur dan perusahaan multinasional. Maka, gaji pejabat pemerintah di Singapura adalah yang tertinggi di dunia.

Gaji PM Lee Hsien Loong misalnya, saat ini ditaksir lebih dari 3 juta dolar Singapura atau sekitar Rp20,6 miliar per tahun. Gaji menteri muda saja di Singapura bisa mencapai 2 juta dolar Singapura atau Rp13,7 miliar per tahun.

Ini terhitung besar jika dibandingkan dengan gaji Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang hanya US$400.000 atau Rp3,4 miliar per tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya