Pos Perbatasan Mesir-Gaza Dibuka Permanen

Warga Palestina melintasi pos perbatasan Rafah
Sumber :
  • AP Photo/Eyad Baba, File

VIVAnews - Pemerintah Mesir mulai Sabtu mendatang, 28 Mei 2011, akan membuka pos perbatasan Rafah secara permanen. Dengan demikian, rakyat Palestina di Jalur Gaza bakal bebas ke Mesir tanpa harus terhalang oleh blokade keamanan.

Menurut kantor berita Associated Press, keputusan itu diumumkan kantor berita pemerintah Mesir, MENA, Rabu kemarin. "Peraturan lama akan diganti, sehingga warga Palestina yang punya paspor bisa melintas ke Mesir setiap hari dari pukul 9 hingga 21, kecuali hari Jumat dan hari libur," demikian pernyataan MENA.

Dengan demikian, Mesir mencabut penutupan pos perbatasan Rafah yang telah berlaku selama empat tahun. Di bawah rezim Hosni Mubarak, Mesir menutup pos Rafah pada 2007. Penutupan itu diberlakukan untuk mencegah lalu-lalangnya kelompok pejuang Palestina, Hamas, dari Jalur Gaza ke Mesir.

Hamas merupakan musuh bebuyutan Israel, yang menjalin hubungan baik dengan Mesir di bawah rezim Mubarak. Tidak jelas apakah hubungan baik itu tetap dipelihara setelah Mubarak berhasil disingkirkan dari kekuasaan, setelah 30 tahun memerintah, akibat revolusi rakyat.

Mohammed Awad, pejabat luar negeri Hamas, menyambut baik kebijakan baru pemerintah Mesir, yang akan membuka pos perbatasan Rafah secara permanen. "Ini menandakan hubungan yang baik antara kami dan Mesir dan akan meringankan beban hidup rakyat Palestina di Gaza," kata Awad.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Yigal Palmor, menolak berkomentar atas kebijakan baru Mesir itu. Sejak Mubarak tidak lagi berkuasa, Mesir diperintah oleh Dewan Transisi Nasional, yang tengah mempersiapkan pemilihan umum. (eh)

Namanya Dikatkan dengan Kasus Korupsi Harvey Moeis, Ayu Dewi: Lindungi Aku dari Fitnah
Gedung FMIPA Universitas Indonesia (ui.ac.id)

Daftar 10 Kampus Terbaik Indonesia 2024 Versi SIR, Bisa Jadi Panduan Calon Mahasiswa Baru

Scimago Institutions Rankings (SIR) merilis peringkat kampus terbaik Indonesia 2024. Dalam penentuan peringkat ini, Scimago menilai berdasarkan tiga indikator.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024