CIA Geledah Kediaman Osama bin Laden

Villa tempat persembunyian Osama bin Laden di Abbottabad, Pakistan
Sumber :
  • montrealgazette.com

VIVAnews - Tim forensik badan intelijen Amerika Serikat, CIA, akan menggeledah kediaman Osama bin Laden di kota Abottabbad, Pakistan. Target utama CIA adalah mencari dokumen tersembunyi maupun terkubur di rumah mewah tersebut.

Gegara Gurun Sahara, Langit Yunani jadi Oranye bak di Planet Mars

Dilansir dari laman CNN, Kamis, 26 Mei 2011, CIA telah mendapatkan izin dari pemerintah Pakistan untuk memasuki kediaman Osama. Sebelumnya, pasukan khusus NAVY SEAL telah mengumpulkan dokumen-dokumen intelijen al-Qaeda pada penyerangannya. Kedatangan CIA kali ini adalah mencari informasi-informasi yang tertinggal oleh NAVY SEAL.

Menurut laman WAshington Post, penggeledahan kali ini difokuskan pada pencarian dokumen yang menyatakan pemerintah Pakistan menutupi keberadaan Osama di negara itu. Hal ini didasarkan atas keraguan berbagai pihak di AS yang mengatakan bahwa Osama tidak mungkin bersembunyi selama itu di Pakistan tanpa sepengetahuan pemerintah setempat.

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi

Dugaan ini diperkuat atas temuan dokumen percakapan antara Osama dengan ajudannya. Pada dokumen tersebut dikatakan bahwa Osama mempertimbangkan membuat kesepakatan dengan pemerintah. Pemimpin al-Qaeda ini berniat mengancam pemerintahan Pakistan untuk tidak membocorkan persembunyiannya jika tidak ingin diserang para militan.

Namun, sampai saat ini dokumen yang menunjukkan adanya kesepakatan itu belum ditemukan oleh tim penyidik NAVY SEAL. 

Jokowi: Prabowo-Gibran Harus Siapkan Perencanaan untuk Wujudkan Janji Kampanye

Kediaman Osama di kompleks perumahan kelas atas di Abbotabad diserang NAVY SEAL pada 2 Mei 2011. Pada penyerangan tersebut, Osama tewas tertembak di kepala dan dadanya. Dia lalu dikuburkan dengan cara dilarung di laut oleh AS untuk mencegah pengkultusan makamnya. (umi)

Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto.

Yakin Sudah Dipikirkan Prabowo, PAN Tak Khawatir jika Ada Partai Lain Gabung Koalisi

Wakil Ketua Umum PAN menyatakan pihaknya tak khawatir dan terganggu bila ada Parpol di luar koalisi pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang merapat.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024