Finlandia Beri Penghargaan Kepada Dubes RI

Presiden SBY dan PM Finlandia Matti Vanhanen
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/ Abror Rizki

VIVAnews - Presiden Finlandia, Tarja Kaarina Halonen, menganugerahkan bintang jasa Suomen Leijonan ritarikunnan Suurmestari (Commander Grand Cross of the Order of the Lion of Finland) kepada Duta Besar Indonesia untuk negara itu, Harry Purwanto. Dia merupakan Dubes RI yang keempat yang menerima penghargaan tertinggi dari pemerintah Finlandia.

Menurut Kedutaan Besar Indonesia di Helsinki, penganugerahan itu berlangsung di Istana Kepresidenan Finlandia, Kamis waktu setempat. "Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan Pemerintah Finlandia atas jasa, pengabdian, dedikasi dan kontribusi Duta Besar Harry Purwanto atas hubungan persahabatan kedua negara," demikian pernyataan Kedubes Indonesia.

Pemerintah Finlandia mencatat peran Purwanto atas kunjungan resmi Perdana Menteri mereka, Matti Vanhanen, ke Indonesia pada 26-28 April 2010, peningkatan saling kunjung tingkat pejabat pemerintah, parlemen, dan non-pemerintahan, dan penguatan saling dukung pencalonan Finlandia dan Indonesia pada sejumlah keanggotaan di lembaga internasional.

Purwanto juga dianggap berperan atas terjalinnya hubungan kerja sama yang erat di bidang kehutanan dan lingkungan hidup, peningkatan angka kunjungan wisatawan Finlandia ke Indonesia, serta penguatan hubungan persahabatan dan interaksi people-to-people contact antar masyarakat di kedua negara.

Bintang tanda jasa Commander Grand Cross of the Order of the Lion of Finland merupakan medali tingkat tertinggi dalam kelas tata urutan medali tanda jasa di Finlandia.

Sebelumnya, terdapat tiga Dubes RI yang pernah menerima medali tanda jasa tersebut. Mereka adalah Moekijat, Duta Besar RI untuk Republik Finlandia yang pertama (1976-1980), Ahmad Fauzie Gani (2000-2003), dan Iris Indira Murti (2004-2007).

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung
Raffi Ahmad

Rizky Nazar Diisukan Selingkuh, Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Raffi Ahmad yang merasa lebih berpengalaman dalam urusan percintaan lantas mengingatkan Syifa Hadju agar lebih berhati-hati mengingat kejadian cinta lokasi bisa terjadi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024