Mladic Ditahan di Sel Isolasi di Belanda

Ratko Mladic saat dibawa ke Pengadilan Beograd
Sumber :
  • AP Photo / Serbian Government,

VIVAnews - Jenderal Serbia pembantai ribuan muslim Bosnia, Ratko Mladic, akhirnya diterbangkan ke Belanda untuk diadili di mahkamah internasional. Disini, Mladic ditempatkan di sebuah sel isolasi sebelum dimasukkan ke sel umum.

Malam-malam, Gibran Bawa Koper ke Rumah Prabowo di Kertanegara

Dilansir dari laman Associated Press, Rabu, 1 Juni 2011, Mladic diterbangkan dari Beograd menuju bandara di Rotterdam pada Selasa waktu setempat. Selanjutnya di bawah pengawalan ketat pasukan keamanan, Mladic di bawa ke penjara isolasi PBB di Den Haag.

Juru bicara pengadilan kejahatan perang, Nerma Jelacic, mengatakan bahwa penempatan di penjara isolasi adalah standar prosedur bagi para tahanan yang baru datang. Mladic juga telah diberikan daftar pengacara pembela yang dapat membantunya melalui pengadilan awal.

Gugat Cerai Teuku Ryan, Berapa Nominal Nafkah Anak yang Diajukan Ria Ricis?

Belum dipastikan kapan pengadilan pertama Mladic akan dilangsungkan, namun Jelacic mengatakan pengadilan akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan. Pada pengadilan awal nanti, Mladic akan memberikan bantahan ataupun pengakuan atas semua tuduhan yang dialamatkan kepadanya. 

Seperti atasannya yang juga ditahan di Den Haag, Radovan Karadzic, Mladic juga diduga akan mencoba memperlambat proses pengadilan dengan menolak memberikan pengakuan. Karadzic sebelumnya melakukan hal ini dan menyebabkan pengadilan tertunda selama satu bulan. Baik Karadzic maupun Mladic mengatakan bahwa mereka tidak mengakui pengadilan yang digelar oleh PBB.

Terkuak, Usia Janin Wanita Hamil di Kelapa Gading yang Tewas Dibunuh

Mladic menghadapi dakwaan genosida dan kejahatan perang lainnya yang dilakukan oleh tentara Serbia di bawah perintahnya pada perang Bosnia 1992-1995. Pada peristiwa yang terkenal dengan nama pembantaian Srebrenica, Mladic adalah otak di balik pembunuhan 8000 warga Muslim Bosnia.

Menteri Kehakiman Serbia, Snezana Malovic, mengatakan bahwa diserahkannya Mladic ke Mahkamah Internasional menandakan kesungguhan Serbia dalam memenuhi kewajiban moral dan internasional. Sebelumnya, Serbia berkali-kali dituduh menyembunyikan Mladic yang berhasil kabur selama 16 tahun.

"Mladic didakwa atas kejahatan kemanusiaan dan pelanggaran hukum internasional paling serius," ujar Malovic.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya