Jenderal Pembantai Hari Ini Mulai Diadili

Ratko Mladic
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Mahkamah Kriminal Internasional (ICC) hari ini dijadwalkan memulai sidang atas mantan jenderal pasukan Serbia, Ratko Mladic. Dia akan didakwa sejumlah tuduhan, termasuk melakukan pembantaian atas ribuan umat Muslim Bosnia semasa Perang Balkan di dekade 1990an.

Menurut kantor berita Associated Press, sidang kasus kejahatan perang atas Mladic berlangsung di pengadilan ICC Den Haag, Belanda, Jumat pagi waktu setempat (sore WIB). Mladic, yang telah berada di penjara ICC sejak 31 Mei 2011 setelah ditangkap di Serbia pekan lalu, bakal dikenakan sebelas dakwaan.

Pada sidang awal itu, hakim akan bertanya langsung kepada Mladic mengenai identitasnya. Selain itu hakim bertanya apakah Mladic mengerti atas sebelas dakwaan yang dikenakan kepada dirinya.

Terdakwa berusia 69 tahun itu selanjutnya akan diberi kesempatan apakah akan mengaku bersalah atau tidak atas semua tuduhan itu. Dewan hakim akan memberi kesempatan selama 30 hari kepada terdakwa bila pada sidang hari itu tidak langsung memberi tanggapan atas semua tuduhan.

Bila hingga 30 hari belum ada jawaban, maka dewan hakim menganggap terdakwa menyatakan tidak bersalah atas semua tuduhan. Dari situ sidang pengadilan akan berlanjut untuk membuktikan apakah Mladic bersalah atau tidak atas semua tuduhan.

Diantara tuduhan kepada Mladic adalah genosida, pemusnahan, dan penyiksaan atas kasus pembantaian di Kota Srebrenica pada April 1995. Saat itu sekitar 8.000 warga Muslim Bosnia, baik pria dewasa dan anak-anak, menjadi korban pembantaian. Mladic pun dituduh terlibat dalam pengepungan berdarah di Kota Sarajevo, yang menewaskan 10.000 jiwa.

Sementara itu, pengacara Mladic meminta pengadilan untuk menunda sidang atas kliennya. Pasalnya, menurut pengacaranya, Mladic telah divonis menderita kanker dan pernah dirawat di rumah sakit di Beograd pada April 2009. (eh)

Tips Mendapatkan Harga Diamond yang Affordable, Nggak Perlu Habiskan Jutaan Rupiah!
Truk jalan sendiri di Jalan Tol Batang-Semarang KM 413 B arah Jakarta

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

PT Jasa Marga Semarang-Batang membenarkan insiden truk yang berjalan sendiri di Jalan Tol Batang-Semarang KM 413 B arah Jakarta pada Kamis pagi, sekira pukul 08.00 Wib

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024