Kuba Penjarakan 15 Tersangka Korupsi

Pemandangan sehari-hari di ibukota Kuba, Havana
Sumber :
  • AP Photo/Franklin Reyes

VIVAnews - Seorang pengusaha Chile beserta 14 pebisnis dan pejabat Kuba divonis bersalah atas dugaan korupsi dan penyuapan terhadap maskapai penerbangan serta agen wisata di Kuba.

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya

Dilansir oleh CNN, Selasa, 7 Juni 2011, pebisnis Chile, Marcel Marambio, dijatuhi vonis hukumannya dalam sebuah sidang in absentia yang dihelat kemarin. Pengusaha yang memiliki hubungan erat dengan pemerintahan komunis Kuba ini dijatuhi hukuman 15 tahun penjara atas tuduhan penyuapan dan pemalsuan dokumen.

Marambio adalah direktur Sol Y Son, sebuah perusahaan agen wisata patungan antara pemerintah Kuba dengan para investor Chile. Saudaranya, Max Marambio, telah lebih dulu divonis 20 tahun penjara terkait kasus korupsi. Marambio dikenal sebagai sahabat dekat mantan Presiden Kuba, Fidel Castro. 

Kutukan Sungkyunkwan Scandal: 5 Pemerannya Terjerat Kontroversi Bertubi-tubi!

Sementara itu, 14 pejabat Kuba yang semuanya diperkerjakan maskapai penerbangan Cubana y Aviacion dan agen wisata Sol Y Son, dijatuhi vonis penjara antara tiga hingga 10 tahun.

Mereka dinyatakan bersalah karena menerima suap dan tunjangan pribadi, namun tidak dirinci apa yang mereka berikan sebagai balasan suap tersebut.

Bulu Mata, Salah Satu Kunci Penampilan Kris Dayanti

Sejak Presiden Raul Castro memimpin negara tersebut pada 2008, pengadilan Kuba mulai gencar menangani beberapa kasus korupsi. Beberapa di antaranya bahkan melibatkan para petinggi negara yang dekat dengan pemimpin terdahulu. (eh)

Pemain Teater Musikal Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

Sebagai pemeran utama dalam pertunjukan teater musikal ini, Sherina Munaf mengaku sangat bangga melihat anak-anak sekolah yang sangat pandai bermain musik orchestra.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024