Jaringan IMF Dibobol Hacker

Gedung IMF di Washington DC
Sumber :
  • solarnavigator.net

VIVAnews - Jaringan Lembaga Dana Moneter Internasional (IMF) berhasil dibobol hacker pada pekan lalu. Akibat hal ini, sempat dilakukan pemutusan sementara pada lalu lintas data antara IMF dengan Bank Dunia.

3 Fakta Menarik Serial The Perfect Strangers, Maxime Bouttier dan Beby Tsabina Gemas Banget!

Dilansir dari laman The Wall Street Journal, Sabtu, 11 Juni 2011, saat ini pihak IMF tengah menyelidiki jenis penyusupan yang dilakukan oleh para hacker yang menamakan diri mereka Anonymous tersebut. Sebelumnya, kelompok ini pernah mengancam akan meretas IMF sebagai protes terhadap langkah penghematan untuk mengatasi krisis di beberapa negara Eropa.

Pihak IMF menolak menyebutkan temuan mereka dalam penyelidikan tersebut maupun kerugian yang mereka derita. Namun, Tom Kellermann, mantan ahli keamanan jaringan Bank Dunia yang juga melacak kerusakan jaringan, mengatakan bahwa pengkodean peretasan yang terjadi di IMF belum pernah ditemuinya sebelumnya.

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

"Ini bukanlah malware biasa yang sering ditemui," ujarnya.

Kellerman mengatakan para penyerang memiliki akses luas ke dalam sistem IMF. Hal ini memungkinkan mereka menyusup ke dalam rancangan jaringan maupun berbagai dokumen IMF tanpa terdeteksi. Terutama yang paling dikhawatirkan adalah bobolnya dokumen pemberian dana talangan (bailout) kepada beberapa negara Eropa.

EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi, Perkuat Komitmen untuk Majukan Esport Indonesia

Penyerangan ke jaringan IMF sempat membuat Bank Dunia memutuskan lalu lintas data. Kedua lembaga yang letaknya bersebelahan di Washington DC ini adalah lembaga kuat yang menangani perekonomian negara-negara di seluruh dunia.

Pihak Bank Dunia mengatakan lalu lintas jaringan dengan IMF tidak terhubung dengan berbagai dokumen penting dan sensitif. Pemutusan jaringan hanyalah sebagai tindakan pencegahan saja.(np)

TImnas Indonesia U-23

Pemain Korea Selatan Puji Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia U-23 dan Korea Selatan akan berhadapan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Jelang laga itu, pemain Korea Selatan memberikan pujian.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024