Gempa Bumi Kembali Guncang Kota Selandia Baru

Kota Christchurch, Selandia Baru, usai gempa bumi 22 Februari 2011
Sumber :
  • AP Photo/TVNZ via Associated Press Television News

VIVAnews - Christchurch hari ini kembali dilanda gempa bumi. Kota terbesar kedua di Selandia Baru itu diguncang dua kali gempa, yang terjadi dalam selisih waktu 90 menit.

Menurut stasiun berita CNN, dengan mengutip Badan Survei Geologi AS (USGS), gempa pertama berkekuatan 5,2 pada Skala Richter (SR). Pusat gempa terletak 9 km dari sebelah timur-tenggara Christchurch dan berkedalaman 11 km.

Satu setengah jam berikut, terjadi gempa susulan dengan daya lebih besar, 6.0SR. Episentrum berada sekitar 13 km dari utara-timur laut Chirstchurch dengan kedalaman 9 km.

Belum ada laporan korban jiwa, walau sudah ada beberapa orang cedera ringan. Namun, pejabat kepolisian setempat mengungkapkan gempa itu cukup kencang.

Pihak keamanan pun langsung mengevakuasi sebagian kawasan bisnis setelah muncul laporan bahwa gempa itu dikhawatirkan telah menimbulkan kebocoran saluran gas. Sejumlah jembatan pun ditutup.

Pihak berwenang dan masyarakat di Christchurch masih trauma dengan gempa bumi yang terjadi Februari lalu. Muncul saat jam makan siang, gempa 6,3 SR itu menewaskan lebih dari 180 jiwa.

Berdasarkan survei geologi, Christchurch dan sejumlah wilayah lain di Selandia Baru selalu rentan dilanda gempa bumi.

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients
Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024