Warga Dilecehkan, Singapura Tuntut Penjelasan

Ilustrasi kekerasan.
Sumber :
  • Nadya

VIVAnews - Kementerian Pertahanan Singapura menyatakan kekecewaannya atas sikap petugas imigrasi Malaysia yang menghukum warga mereka dengan squat sambil telanjang. Singapura menuntut Malaysia untuk memberikan penjelasannya mengenai hal ini.

"Konsulat kami di Johor Baru telah menghubungi imigrasi Malaysia untuk memerintahkan investigasi dan mempertanyakan prosedur penahanan yang telah dilakukan terhadap dua warga kami," ujar juru bicara kemlu Singapura, dilansir dari laman The Straits Times, Rabu, 15 Juni 2011.

Kasus ini menimpa dua wanita, Lim dan Chang, pada akhir pekan lalu. Keduanya dituduh masuk secara ilegal ke Johor Baru, padahal mereka mengaku hanya lupa meminta stempel pada paspor karena tidak adanya petugas di pos.

Kedua wanita ini kemudian di penjara selama dua hari dan diperlakukan layaknya pesakitan. Mereka juga ditelanjangi dan diperintahkan melakukan squat (olah raga jongkok-berdiri berkali-kali) selama 10 hitungan.

Pemerintah Malaysia mengatakan bahwa permasalahan ini sekarang ditangani oleh kantor pusat imigrasi di Putrajaya. Belum ada pernyataan mengenai hal ini dari Malaysia, namun pihak imigrasi mengatakan bahwa dua wanita tersebut tidak dipermalukan.

"Mereka tidak dipermalukan, karena ketika ditelanjangi hanya disaksikan oleh para petugas wanita," ujar kepala imigrasi Johor Baru, Nasri Ishak, dikutip dari New Straits Times.

Dia mengatakan bahwa penelanjangan hanyalah prosedur rutin untuk menggeledah tersangka. Masalah squat, Ishak  mengaku memang itu tidak sesuai prosedur dan penyalahgunaan wewenang.

Sementara itu, kecaman atas kasus ini juga datang dari partai oposisi Malaysia, DAP. Mereka mengatakan bahwa kasus ini memalukan dan konyol, serta dapat merusak citra Malaysia di mata asing. Diberitakan oleh Malaysian Insider, partai ini juga telah menyampaikan kasus ini ke menteri yang terkait, namun belum ada tanggapan.

"Tidak akan ada yang ke negara kita lagi kalau praktek seperti ini masih dilakukan. Ini akan mempengaruhi citra Malaysia sebagai daerah tujuan wisata," ujar tokoh DAP Bakri Er Teck Hwa.

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia
Konferensi pers

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly

Dalam kesempatan itu, Mutia juga bercerita bahwa putrinya dengan Glenn, Gewa saat ini memiliki hubungan yang akrab dengan Marthino Lio.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024