Taliban Serang Hotel Inter-Continental Kabul

Hotel Intercontinental Kabul Diserang
Sumber :
  • AP

VIVAnews – Tujuh orang anggota Taliban menyerang Hotel Inter-Continental di Kabul. Seperti dilansir CNN, serangan yang dimulai pada Selasa malam dan berlanjut sampai Rabu dini hari tadi, berakhir dengan kematian 7 anggota Taliban tersebut, 2 personel keamanan, dan 11 orang lainnya.

“Kami masih mencari korban di hotel. Jumlah kematian diperkirakan dapat meningkat,” kata Kepala Investigasi Kriminal, Mohammad Zahir, di Kabul, Afganistan, Rabu 29 Juni 2011. Zahir menambahkan, selain korban tewas, 12 orang lainnya terluka dan cedera akibat insiden tersebut.

Akibat insiden penyerangan itu, lantai hotel paling atas hotel terbakar. Tapi dalam beberapa jam, api berhasil dipadamkan meskipun asap masih mengepung reruntuhan hotel. Menteri Dalam Negeri Afganistan Bismullah Khan menegaskan, saat ini situasi sudah aman.

Wartawan The Daily yang berada di Kabul, Erin Cunningham, mengatakan para anggota Taliban menembus keamanan hotel. Salah satu dari mereka kemudian melemparkan bahan peledak di lantai dua. Bukan cuma itu, mereka pun menyasar rumah pejabat tinggi Afganistan dari hotel tersebut.

“Granat roket diluncurkan dari atap hotel menuju rumah wakil presiden. Beberapa saat kemudian, hotel diguncang tiga ledakan sekaligus. Saat itu juga, pasukan Amerika Serikat sudah berada di tempat kejadian,” papar Cunningham.

Zahir menyatakan, pada pukul 04.00 pagi waktu setempat, pihak kepolisian Kabul yakin semua penyerang yang terdiri anggota Taliban telah tewas. “Namun ada satu penyerang yang masih hidup. Ia bersembunyi dan melakukan perlawanan sampai pukul 06.20,” terangnya.

Melalui email, Juru bicara Taliban, Zabiullah Mujahid mengatakan salah satu penyerang bunuh diri itu memasuki hotel, dan menewaskan petugas keamanan di pintu masuk. “Salah satu dari mereka – yang bunuh diri – menelpon kami. Ia mengatakan bahwa saat itu mereka berada di lobi. Para tamu kemudian mengejar ke kamar mereka dan menghancurkan pintu kamar,” kata Mujahid.

Sementara itu, pejabat AS mengatakan, tidak ada indikasi adanya personel militer atau pejabat diplomatik AS di dalam hotel yang diserang tersebut. Sebelumnya, hotel tersebut sudah dijadwalkan menggelar konferensi pers untuk membahas rencana transisi keamanan dari pasukan internasional ke pasukan  Afganistan, seperti yang diumumkan Presiden Obama minggu lalu.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Victoria Nulland mengatakan, AS mengutuk serangan Taliban ke Hotel Inter-Continental itu. “Sekali lagi, hal ini menunjukkan ketidakpedulian teroris atas nyawa manusia,” kata dia. Hotel Inter-Continental adalah salah satu hotel terpopuler di mata tamu-tamu internasional di Kabul.

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni
Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Menyambut Anggota Keluarga Baru

Terpopuler: Artis Keturunan Darah Biru sampai Proses Kelahiran Anak Perempuan Alyssa Soebandono

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 25 April 2024. Salah satunya tentang cerita dari prosesi kelahiran anak perempuan pertama Alyssa Soebandono.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024