Pemilu Thailand

Mengaku Kalah, Abhisit Siap Jadi Oposisi

Abhisit Vejjajiva PM Thailand Terpilih
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Perdana Menteri Thailand, Abhisit Vejjajiva, mengaku kalah dalam pemilihan umum pekan lalu. Dia juga memberikan selamat atas kemenangan Yingluck Shinawatra dari partai Pheu Thai dan menyatakan siap bekerja sama membangun negeri itu.

"Hasilnya telah jelas, partai Pheu Thai menang pemilu dan partai Demokrat kalah," ujar Abhisit dilansir dari laman Bangkok Post, Senin, 4 Juli 2011.

Sebanyak 94 persen suara yang telah dihitung dari 47 juta pemilih menunjukkan kemenangan telak bagi partai Pheu Thai, partai pendukung mantan PM terguling Thaksin Shinawatra. Dengan kemenangan ini, Pheu Thai mendapatkan suara mayoritas di parlemen dan adik Thaksin, Yingluck Shinawatra, akan segera diangkat menjadi perdana menteri wanita pertama di Thailand.

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

"Saya memberi kesempatan bagi Yingluck, wanita pertama yang membentuk pemerintahan. Saya ingin melihat persatuan dan rekonsiliasi. Demokrat siap berada di pihak oposisi," kata Abhisit.

Dalam kesempatan tersebut, Abhisit menyatakan sumbangan partai Demokrat yang tidak sedikit bagi Thailand. Dia mengatakan pada kepemimpinannya, Thailand lolos dari krisis dan ini semua adalah berkat bantuan rakyat juga.

Waspadai Thaksin

Kendati menyatakan selamat atas kemenangan Pheu Thai, Abhisit memperingatkan pemerintah yang baru agar tidak melakukan pelanggaran hukum. Abhisit mengatakan partainya akan mengawasi dengan ketat pemberian amnesti bagi individu oleh pemerintah.

Meskipun tidak merinci maksudnya, namun jelas Abhisit khawatir Thaksin akan kembali ke Thailand saat adiknya memimpin. "Demokrat sebagai oposisi menentang keras pemberian amnesti terhadap individu."

Thaksin sejak 2008 menjadi buronan aparat hukum Thailand setelah dinyatakan bersalah atas kasus korupsi. Namun, dengan kekayaannya yang melimpah, Thaksin tetap memiliki pengaruh kuat bagi kancah politik Thailand.

Selama berkampanye, PM Abhisit mengingatkan rakyat bahwa Partai Pheu Thai pimpinan Yingluck adalah kaki-tangan Thaksin. "Thaksin yang berkata, Pheu Thai yang melakukan," ujar Abhisit suatu ketika seperti dikutip stasiun berita BBC. Dia juga mengatakan kondisi Thailand akan semakin tidak stabil jika Thaksin kembali ke tanah air.(np)

Pemain Timnas Indonesia, Marc Klok (kiri) dan Shayne Pattynama (kanan)

Timnas Indonesia U-23 Mengganas di Piala Asia, Marc Klok: Masa Depan Cerah

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok, mengungkapkan kekagumannya terhadap kesuksesan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024