Partainya Kalah, Abhisit Mundur Jadi Ketua

Perdana Menteri Thailand, Abhisit Vejjajiva
Sumber :
  • AFP Photo/Pornchai Kittiwongsakul, Pool

VIVAnews - Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva menyatakan mengundurkan diri dari partai Demokrat setelah partainya tersebut kalah telak dalam pemilu. Pengunduran dirinya adalah bentuk tanggung jawab karena tidak berhasil menempatkan lebih banyak orang di kursi parlemen.

Dilansir dari laman CNN, Senin, 4 Juli 2011, walaupun pengumuman resmi hasil pemilu belum keluar, namun dipastikan partai Pheu Thai menang mutlak. Sekitar 90 persen suara yang dihitung, telah 265 kursi dari 500 kursi parlemen dipegang oleh partai ini.

Hasil itu sudah cukup bagi perdana menteri terpilih dari Pheu Thai, Yingluck Shinawatra, membentuk kubu mayoritas di parlemen. Sebaliknya, Partai Demokrat pimpinan Abhisit hanya meraih 162 kursi.

"Dibandingkan hasil pemilu tahun 2007, kita dapat jumlah kursi lebih sedikit," ujar Abhisit.

"Saya akan bertanggung jawab. Mulai hari ini saya memutuskan mengundurkan diri dari posisi ketua partai Demokrat, dan memberikan kesempatan partai untuk memilih ketua baru dalam 90 hari," lanjutnya lagi.

Pengunduran diri Abhisit sesuai dengan komitmennya sebelum kampanye dimulai. Kala itu dia mengatakan akan mundur sebagai ketua jika partainya kalah. Setelah pengunduran dirinya, Abhisit akan menjabat sebagai ketua sementara sampai ketua berikutnya terpilih.

Juru bicara partai, Buranat Samutarak, dilansir dari laman Bangkok Post mengatakan partainya masih percaya kepada Abhisit. Buranat mengatakan walaupun kalah, Demokrat tetap akan bekerja sepenuh hati untuk rakyat Thailand.(np)

Alasan Sedan Listrik BMW i5 Belum Memiliki Harga
Persib Bandung vs Bhayangkara FC

Hasil Liga 1: Persib Ditahan Imbang Bhayangkara FC, 5 Gol Striker Persik

Hasil Liga 1 pada Kamis 28 Maret 2024 melibatkan dua pertandingan. Yang pertama adalah Persib Bandung vs Bhayangkara FC yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024