Indonesia Kirim Tenaga Perawat ke Jepang

Dubes Jepang untuk RI, Yoshinori Kato.
Sumber :
  • VIVAnews/ Denny Armandhanu

VIVAnews - Ratusan calon perawat serta perawat lansia dari Indonesia akan berangkat malam ini ke Jepang untuk bertugas. Duta Besar Jepang, Yoshinori Katori, mengaku negaranya sangat terbantu dengan pengiriman tenaga perawat ini.

Katori mengatakan kebutuhan perawat di Jepang sangat tinggi, terutama pasca bencana gempa dan tsunami Maret lalu. Pengiriman perawat asal Indonesia, ujar Katori, membuatnya terharu.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

"Indonesia merupakan negara pertama yang memberi bantuan pada negara kami saat Jepang terkena tsunami Maret lalu. Pengiriman perawat serta perawat lansia yang dikenal selalu melayani dengan hati ini penting untuk mempererat hubungan Indonesia dan Jepang ke depannya," ungkap Katori dalam acara Pelepasan Gelombang Keempat Calon Perawat dan Perawat Lansia ke Jepang, Senin, 4 Juli 2011.

Sebanyak 105 orang calon perawat dan calon perawat lansia akan bertolak ke Jepang malam ini guna mengikuti pelatihan Bahasa Jepang lanjutan selama enam bulan sebagai persiapan bekerja. Dengan berangkatnya gelombang keempat ini, berarti sudah 684 tenaga perawat serta perawat lansia asal Indonesia yang bekerja di sana. Pengiriman perawat ini adalah bentuk kerjasama Indonesia-Jepang dalam kerangka EPA (Perjanjian Kemitraan Ekonomi).

Katori mengatakan banyak korban tsunami Jepang mengaku senang dirawat oleh tenaga asal Indonesia. "Para perawat Indonesia sebagian besar terdiri dari orang muda, sehingga mereka lebih cekatan dalam menangani para korban yang umumnya sudah berumur. Selain itu, mereka juga rajin, tulus, memiliki energi yang kuat serta hati yang hangat."

Dalam sambutannya, Dubes Jepang juga menyampaikan terima kasih pada Japan Foundation serta para pengajar bahasa Jepang para calon perawat ini. Katori lantas berpesan pada para calon perawat untuk berteman sebanyak mungkin baik dengan orang Jepang ataupun rekan senegara, giat mempelajari bahasa dan budaya Jepang, serta melayani pasien dengan hati yang kuat dan hangat. (sj)

Mohamed Salah, Duel Liverpool vs West Ham United

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Duel West Ham United vs Liverpool dalam lanjutan Premier League matchday ke 35 di London Stadium, Sabtu 27 April 2024, pukul 18.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024