Koalisi Partai Thailand Akan Amnesti Thaksin

Perdana Menteri terpilih Thailand, Yingluck Shinawatra
Sumber :
  • AP Photo/ Apichart Weerawong

VIVAnews - Partai pemenang pemilu Thailand, Pheu Thai, akan memperkokoh kekuatannya di parlemen dengan melakukan koalisi. Jika sudah kuat dan meningkat popularitasnya, barulah amnesti untuk Thaksin Shinawatra akan dikeluarkan.

Hal ini disampaikan oleh salah seorang sumber dari partai tersebut dilansir dari laman Bangkok Post, Selasa, 5 Juli 2011. Sumber anonim itu mengatakan partai Pheu Thai menargetkan lebih dari 300 kursi dari 500 kursi di parlemen untuk memuluskan rencananya tersebut.

Untuk mencapai jumlah itu, partai yang menggadang Yingluck Shinawatra sebagai perdana menteri ini akan menggaet sejumlah partai kecil yang memiliki kursi sedikit di parlemen. Di antaranya yang menjadi incaran utama adalah partai Bhumjaithai yang saat ini sedang mengalami perpecahan.

Sementara itu, empat partai politik telah menyatakan kesediaannya berkoalisi dengan Pheu Thai. Dengan ini, sudah 299 kursi yang berhasil dikantongi Pheu Thai. Selain itu, ujar sumber, Pheu Thai juga mengincar kekuasaan di tiga kementerian besar, yaitu Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan dan Kementerian Dalam Negeri. Tiga kementerian ini akan berperan besar dalam pemulangan Thaksin nanti.

Namun demikian, langkah-langkah ini akan berlangsung perlahan, dan penuh kehati-hatian. Sumber mengatakan, hal ini dimaksudkan agar para oposan tak mencium gelagat aneh, dan muncul untuk menggoyahkan pemerintahan yang baru terbentuk.

Sumber mengatakan, sebelum menggulirkan isu amnesti, pemerintahan yang baru terlebih dulu akan membenahi perekonomian Thailand. Hal ini untuk memberikan kesan positif dan mengambil hati rakyat.

"Partai akan menunggu waktu tepat sampai pemerintahan baru lebih kuat demi memuluskan legislasi pemberian amnesti. Setahun atau dua tahun, bahkan sampai empat tahun. Tapi ini layak untuk ditunggu," ujar sumber.

Partai Pheu Thai dikenal sebagai partai pendukung sejati Thaksin Shinawatra. Adiknya, Yingluck, dikatakan sebagai cetak utuh pribadi Thaksin. Banyak yang khawatir kebijakan Yingluck nantinya hanya menguntungkan kepentingan Thaksin.(np)

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS
Ilustrasi memakai sunscreen

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Memakai sunscreen atau tabir surya saat keluar rumah sangat penting, terlebih Indonesia merupakan negara tropis yang 'bersahabat' dengan sinar matahari.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024