Presiden Yaman Muncul dengan Luka Bakar

Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh, dalam siaran televisi.
Sumber :
  • AP Photo/Yemen state TV

VIVAnews - Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh, muncul di sebuah tayangan televisi dalam keadaan terluka pasca penyerangan ke kompleks kediamannya awal bulan lalu. Pada tayangan itu, Saleh menolak mundur namun siap melakukan dialog dengan para demonstran.

Seperti diberitakan oleh stasiun televisi Aljazeera, Kamis, 7 Juli 2011, Saleh muncul dengan wajah hitam karena terbakar, tangannya dibalut dengan perban, dan dia mengenakan pakaian khas Arab, bukan jas dan dasi seperti biasa dia kenakan. Kepada para penentangnya di berbagai kota di Yaman, Saleh mengatakan "Kalian salah memahami demokrasi."

Dalam siaran itu, Saleh menolak turun seperti dituntut para oposan. Namun Saleh menawarkan pembagian kekuasaan sesuai konstitusi Yaman. "Kami tak menentang partisipasi, kami membuka partisipasi dari seluruh kekuatan politik, baik oposisi maupun berkuasa. Namun partisipasi ini haruslah sesuai dengan kesepakatan masyarakat," ujarnya.

Sebelum pembagian kekuasaan, Saleh menawarkan dialog antara pihak pemerintah dan penentangnya di Yaman. Dialog, menurutnya adalah cara tepat menghentikan kekerasan di negara tersebut.  "Di manakah para pemuda yang takut akan Tuhan? Mengapa mereka tidak berdialog dan menghasilkan solusi memuaskan?" ujar Saleh.

Saleh terluka ketika mesjid tempat dia salat Jumat di Sana'a dirudal 3 Juni lalu. Dia dilaporkan mengalami luka bakar parah, dan dilarikan ke rumah sakit di Arab Saudi. Kemunculan Saleh kali ini disambut meriah oleh para pendukungnya, dengan menyalakan kembang api dan tembakan ke udara.

Saleh mengatakan dia telah menjalani delapan kali operasi untuk mengobati luka bakarnya. Dia berterima kasih kepada Raja Arab Saudi, Abdullah, karena telah menerimanya. Dia juga berterima kasih pada wakilnya, Abdrabbu Mansour Hadi, yang memegang tampuk pimpinan selama dia tidak ada.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

Bentrokan di beberapa kota di Yaman terjadi sejak empat bulan lalu saat demonstran menuntut Saleh yang telah memimpin lebih dari 30 tahun mundur. Puluhan orang tewas, dan ratusan lainnya terluka pada penyerbuan tentara Yaman ke kota yang dikuasai demonstran beberapa bulan lalu.(np)

Manchester City

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Duel Brighton vs Manchester City dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express, Jumat 26 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024