Meski Kena Kanker,Chavez Terlihat Kuat

Hugo Chavez di atas balkon rumahnya di Caracas.
Sumber :
  • AP Photo/Ariana Cubillos

VIVAnews -- Kondisi kesehatan Presiden Venezuela Hugo Chavez kini semakin membaik pasca operasi pengangkatan tumor beberapa waktu lalu di Kuba. Setidaknya begitulah menurut Presiden Bolivia Evo Morales, yang juga sahabat Chavez.

"Kondisinya baik, sangat baik. Chavez mengatakan bahwa ia sempat mengalami situasi sulit, namun ia telah bertahan melalui kondisi kritis. Dan seperti biasanya, ia selalu di bawah pengawasan dokter," kata Morales usai menghadiri pertandingan sepakbola Bolivia melawan Kolombia di Argentina, sebagaimana dilansir dari kantor berita Associated Press pada 11 Juli 2011.

Morales dan Chavez bertemu saat peringatan dua ratus tahun Venezuela, bersama dengan presiden Paraguay dan Uruguay. Morales menyebut sahabatnya itu terlihat tenang dan kuat. "Saya sangat senang melihat perkembangan kondisi sahabat saya itu," katanya.

Sahabat Chavez yang lain, mantan presiden Venezuela, Jose Vincente Rangel, menyatakan bahwa penerusnya itu sedang dalam keadaan terbaiknya sehingga belum perlu dikemoterapi lagi.

Chavez menjalani operasi pengangkatan tumor dari panggulnya pada 20 Juni di Kuba setelah sembilan hari sebelumnya menjalani operasi pengangkatan abses di tempat yang sama. Usai operasi, Presiden Venezuela berada di bawah pengawasan ketat dokter dan mengurangi acara tampil depan rakyat.

Walau tidak tampil di televisi dan radio lagi, namun akun Twitter milik sang presiden rupanya terus diperbarui. Dalam salah satu tweet-nya, ia menuliskan, "Selamat Hari Minggu untuk seluruh rakyat Venezuela! Di sini Chavez! Kita akan bertahan dan kita akan menang!"

Untuk diketahui, Chavez sempat menghilang 10 Juni lalu saat menjalani operasi abses panggul di Kuba. Setelah itu, ia muncul dan mengungkapkan adanya kanker di tubuhnya. Dia dikabarkan telah menjalani operasi pengangkatan tumor kanker, namun sel-sel penyakit itu masih terus menjalar.

Chavez tidak menyebutkan kanker apa yang dideritanya. Namun, berdasarkan catatan medis, para ahli mengatakan Chavez kemungkinan besar terkena penyakit kanker usus besar. Chavez mengatakan dia akan selamat dari penyakit ini."Kita akan memenangkan pertarungan kehidupan ini," ujarnya.

Chavez menegaskan dia tetap bangun pukul lima setiap hari, berolahraga, dan memakan makanan sehat. Kepada pendukungnya, dia mengatakan dokternya tidak memperbolehkannya berbicara lama-lama, maksimal 30 menit. (eh)

Kasus Mayat Perempuan dengan Kondisi Wajah Hancur, Polisi Tangkap 3 Orang
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Diklaim Bakal Aksi di MK Besok, Polri Lakukan Ini

Pemilih dan pendukung Prabowo-Gibran disebut akan melakukan aksi damai di depan Mahkamah Konstitusi (MK) Jumat besok, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024