Kewarganegaraan Anwar Diusulkan Dicabut

Anwar Ibrahim
Sumber :
  • AP Photo/ Lai Seng Sin

VIVAnews - Massa yang menamakan diri anti gerakan Bersih 2.0 menggelar petisi secara online, yang menuntut status Anwar Ibrahim sebagai warga negara Malaysia dicabut. Mereka menilai pemimpin oposisi di parlemen itu telah mengacaukan negara.

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Jika tuntutan tidak dipenuhi, mereka mengancam tidak lagi mendukung Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, dalam pemilu berikutnya.

Petisi bernama "Aksi hukum dan rekomendasi bagi Yang Mulia Yang Dipertuan Agung Malaysia untuk mencabut medali dan penghargaan" ini diambil secara online dengan target satu juta penandatangan. Dilansir dari laman The Malaysian Insider, sampai Selasa pagi, 11 Juli 2011, telah 173 orang yang mendukung petisi tersebut.

Penggagas petisi, Rahmat Azim Abd Aziz, mengatakan Najib harus memenuhi tuntutan mereka. Jika tidak, para pendukungnya tidak segan-segan melawan Bersih demi mempertahankan Malaysia.

"Kami akan melakukannya, walaupun tanpa bantuan pemerintah Najib," kata Rahmat. Mereka juga meminta Raja Mizan Zainal Abidin mencabut semua gelar dan medali penghargaan milik Anwar Ibrahim, pengacara Ambiga Sreenavasan, Presiden Partai Islam Se-Malaysia (PAS), dan aktivis perdamaian, A. Samad Said.

Petisi tersebut juga menuntut agar nama-nama yang disebutkan tersebut dicabut kewarganegaraannya karena memicu kerusuhan, pemberontakan, dan melanggar hukum Malaysia. Mereka juga menuntut tindakan hukum terhadap 91 anggota Bersih 2.0 yang melanggar peraturan pengadilan.

"Jika Najib tidak mengambil langkah tegas dan mengawasi unsur subversif dan usaha untuk merusak citra bangsa, maka Malaysia akan kehilangan arah dan kepercayaan kepada pemerintah. Jika ini terjadi, para pengkhianat akan mudah mengambil negara tercinta ini," kara Rahmat.

Tidak mau kalah, pendukung gerakan Bersih juga membuka kampanye oposisi di Facebook, menuntut Najib mundur. Dibuka usai kericuhan Sabtu pekan lalu, fan page ini telah memiliki penggemar lebih dari 100.000 orang per pagi ini. (ren)

Menegangkan, Timnas Indonesia U-23 Ditahan 10 Pemain Korea Selatan
Tangkapan layar viral video emak-emak di Makassar ngamuk ancam parang penagih utangnya.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Beredar video viral di medsos, memperlihatkan seorang emak-emak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mengamuk sambil membawa parang. Emak-emak itu emosi ditagih hutangnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024