Pengadilan: Thai-Kamboja Harus Tarik Pasukan

Konflik Thailand - Kamboja: Perbatasan
Sumber :
  • AP Photo/Heng Sinith

VIVAnews - Mahkamah Internasional (ICJ) memerintah Thailand dan Kamboja agar menarik pasukan dari wilayah yang mereka sengketakan. Wilayah itu ditetapkan zona demiliterisasi dan kedua negara diminta melanjutkan perundingan untuk mengatasi sengketa perbatasan. Pengadilan juga memerintahkan kedua pihak untuk mengizinkan masuknya pemantau dari ASEAN.

Menurut kantor berita Associated Press, keputusan itu dikeluarkan dewan hakim Mahkamah, yang berkedudukan di Den Haag Belanda pada Senin waktu setempat. Kedua pihak menyatakan puas atas putusan ICJ untuk mengatasi konflik di wilayah sekitar Candi Preah Vihear yang telah berlangsung puluhan tahun. Dalam tiga tahun terakhir, sekitar 20 orang tewas akibat kontak senjata pasukan Thailand dan Kamboja di wilayah sengketa.
 
Dalam putusannya, ICJ menyatakan bahwa situasi di wilayah sengketa masih tidak stabil dan bisa kembali memburuk bila kedua pihak yang bertikai tidak menarik pasukan dari wilayah itu.

Menanggapi putusan itu, Perdana Menteri Thailand, Abhisit Vejjajiva menyatakan bahwa tentaranya tidak akan mundur sebelum ada kesepakatan dengan Kamboja untuk bersama-sama menarik pasukan masing-masing. 
 
"Kami perlu berbicara dengan Kamboja karena mereka pun harus menarik pasukan," kata Abhisit, yang baru-baru ini kalah Pemilu dan harus segera meletakkan jabatannya kepada calon pemimpin baru, Yingluck Shinawatra. Menurut Abhisit, putusan ICJ itu harus bisa mengurangi ketegangan kedua pihak.

Sedangkan Menteri Luar Negeri Kamboja, Hor Namhong, menyatakan bahwa pembentukan zona demiliterisasi itu bisa menjadi pertanda diterapkannya kawasan gencatan senjata secara permanen. "Itu sama dengan penghentian agresi," kata Hor.

Sebenarnya pada 1962 Mahkamah Internasional sudah memutuskan bahwa kompleks Candi Preah Vihear merupakan wilayah Kamboja. Namun putusan saat itu tidak jelas menyatakan status wilayah yang berada di sekitar candi, yang diklaim Thailand merupakan bagian dari wilayah mereka. (eh)

Pengadilan Tinggi Dominika Batalkan Larangan Hubungan Sesama Jenis
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Media Korea Selatan Soroti Sepak Terjang Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23

 Pertemuan antara Timnas Indonesia U-23 dengan Timnas Korea Selatan U-23 di perempat final Piala Asia U 23 menjadi sorotan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024